This text will be replaced. Streaming solutions by Primcast - Shoutcast hosting, Flash Streaming
Marketeers, Sunday,February 01 2015

Manifesto

[MarkPlus WS] Komunikasi Pemasaran yang Terintegrasi

April 27 2012 | By Edwin Hardi


Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi, kegiatan komunikasi perusahaan semakin sering dilakukan dalam usaha membangun brand yang baik. Kegiatan komunikasi ini dilakukan baik dengan above the line (ATL)  dan below the line (BTL). Pada hari kelima MarkPlus Masterclass Workshop , Iwan Setiawan membuka sesi pertama dengan topik pembahasan seputar integrated marketing communication.
Integrated marketing communication suatu komunikasi yang holistik melalui media dan channel namun dengan ide yang sama. Bisa jadi semua channel dan media yang digunakan perusahaan sangat beraneka ragam dan disampaikan dengan pesan yang berbeda. Namun semua pesan ini memiliki ide yang sama dan selaras dengan satu sama lain.
Secara garis besar promosi ATL sifatnya lebih cenderung seperti pengenalan merek pada konsumen. Oleh karena itu bila mereknya sudah dikenal oleh konsumen, sebaiknya perusahaan membatasi melakukan promosi ATL. Usaha promosi ATL dengan intensitas yang terlalu tinggi dapat membuat konsumen jenuh sehingga usaha promosi sangat tidak efektif. Bila telah dikenal dengan baik, perusahaan dapat menjalin komunikasi dengan pendekatan BTL. Program komunikasi secara BTL cenderung lebih kredibel dan lebih mudah diterima oleh konsumen, dalam beberapa kasus promosi dengan cara ini seringkali tidak dirasakan konsumen.
Dalam prakteknya, sebagian pemasaran agak keliru dalam melakukan perancangan atau perencanaan komunikasi perusahaan. Sebaiknya perusahaan mengenal dan mengetahui bagaimana perilaku konsumen dan kemudian menentukan di titik-titik mana perusahaan akan berusaha menjalin komunikasi dengan konsumen. Setelah menentukan, perusahaan menentukan media yang digunakan dan akhirnya melakukan proses kreatif yang dibutuhkan. Saat ini banyak perusahaan di Indonesia yang justru melakukan hal sebaliknya.
Mengenai segmentasi dan targetingnya, perusahaan juga sebaiknya mengidentifikasi apakah usaha komunikasi akan ditujukan pada pendengar yang telah memakai produk sejenis atau yang belum pernah pakai sama sekali. Selain itu pada pendengar yang telah memakai produk ini juga dibagi dua kategori: pertama adalah konsumen yang memakai produk kita atau konsumen yang memakai brand competitor. Komunikasi yang ditujukan pada masing-masing kategori ini tentu akan dilakukan dengan cara dan tujuan berbeda. Di satu sisi membangun loyalitas konsumen di sisi lain ingin merebut pasar kompetitor.

Edwin Hardi

View Profile

Multimedia

marketeers quote of the day
Upcoming Events
02 Oct
Jakarta
18 Sep
Bandung
13 Sep
Tentative
24 Agt
Tentative
03 Sep
Tentative
26 Agt
Tentative