This text will be replaced. Streaming solutions by Primcast - Shoutcast hosting, Flash Streaming
Marketeers, Wednesday,September 17 2014

Manifesto

3 Tips Dasar Jualan Eceran Lewat Sosial Media

April 23 2013 | By Raben Penyami


Jaringan sosial seperti Pinterest, Twitter, dan, tentu saja, Facebook membuka jalur komunikasi langsung kepada individu. Hal ini pun membuka lahan bisnis yang dapat digunakan untuk melakukan proses jual-beli secara langsung dengan pelanggan. Tidak jarang sebagai pengguna jaringan media sosial merasa terganggu akan tawaran-tawaran yang datang tak diminta.

Erik Koger dan Susan Greg Koger adalah  pendiri fashion retail online ModCloth sejak 2003. Pasangan ini berhasil membawa nama ModCloth masuk dalam daftar 5000 retailer yang bertumbuh cepat di Amerika Serikat pada tahun 2009. Banyak pelajaran yang mereka temukan sebagai penjual eceran, dan memang  sudah terbukti dengan keberhasilan pasangan tersebut.

Berikut 3 tips dasar untuk berjualan eceran melalui jaringan media sosial, yaitu:

  • Mereka bukan hanya pelanggan, tetapi individu. Pengguna jaringan media sosial mungkin mampu membeli, tetapi sebagai individual. Berpikir bahwa mereka lebih dari sekedar customer akan dapat membantu. Sang suami, Erik menjelaskan "Kami tidak melihat diri kami sebagai penyedia produk tertentu, Kami sangat menjalin hubungan



  • Berikan karakter pribadi untuk bisnis anda. Pikirkan bisnis anda sebagai pribadi yang menurut anda sesuai. Layaknya seorang teman, mereka tidak akan menentukan anda untuk membeli barang-barang tertentu. Sebaliknya, mereka mengenalkan barang yang mereka sukai dengan nilai lebih yang dapat dijelaskan.



  • Jadilah pendengar yang baik. Jika langkah pertama menjadi daya tarik anda, langkah kedua sebagai integrasi untuk memikat mereka, maka langkah ketiga adalah membiarkan mereka tahu anda sudah mendengar dan mengerti kebutuhan mereka. Pusatkan pelanggan anda ditengah-tengah kebutuhan dan andalah yang dapat membantu.

Raben Penyami

View Profile

Multimedia

marketeers quote of the day

"Sales harus bisa memosisikan diri sejajar dengan konsumennya. Kalau rasa minder masih besar, tentu akan sulit"

-Djonnie Rahmat, Presdir PT Mabua Harley Davidson-