This text will be replaced. Streaming solutions by Primcast - Shoutcast hosting, Flash Streaming
Marketeers, Friday,April 18 2014

Manifesto

4 pilar ASEAN Economic Community 2015

April 18 2013 | By Darus Salam
Dalam pidatonya pada Indonesian Young Leaders Forum 2013 yang dihelat oleh Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Presiden SBY menyatakan ada 4 hal yang menjadi pilar ASEAN Economic Community 2015. Berikut adalah empat pilar tersebut.

1. Single market and production base
Dengan terbukanya komunitas ekonomi ASEAN pada akhir tahun 2015 akan menjadikan ASEAN sebagai satu entitas pasar. Setiap negara menjadi pemain yang dapat menawarkan berbagai barang dan jasa kepada seluruh masyarakat ASEAN. Selain itu, setiap negara harus memiliki basis produksi yang kuat dan berkualitas.

2. High competitiveness
ASEAN Economic Community memberikan peluang untuk meningkatkan daya saing setiap negara yang terlibat sekaligus kawasan. Tidak diragukan bahwa kerjasama dan kolaborasi kawasan dapat menjadi kekuatan untuk mendongkrak competitive advantage dan menjadi magnet bagi dunia global.

3. Equitable growth
Meski dalam berbisnis selalu ada persaingan, ASEAN Economic Community adalah upaya bersama untuk mensejahterakan semua anggotanya. "Oleh karena itu dalam ASEAN Economic Community tidak boleh ada gap yang terlalu antara satu negara dengan negara yang lain. Semuanya harus sejahtera," ucap SBY.

4. Economic integration to the global economy
Membentuk sebuah komunitas ekonomi bukanlah upaya untuk mengasingkan diri dari dunia global. Sebaliknya, komunitas ekonomi ASEAN ditujukan untuk mengintegrasikan ekonomi kawasan dengan ekonomi global dengan harapan mampu menawarkan diri dengan value yang lebih tinggi.

Darus Salam

View Profile

Multimedia

marketeers quote of the day

"Kuncinya, Introspeksi. Harus menerima kritikan orang lain. Ketika kita menutup telinga pada kritikan, itulah akhir dari segalanya"

-Wulan Tilaar, Vice Chairman Martha Tilaar Group-