This text will be replaced. Streaming solutions by Primcast - Shoutcast hosting, Flash Streaming
Marketeers, Thursday,April 24 2014

Movement

90 Persen Rumah Sakit di Indonesia Punya Kendala IT

November 03 2011 | By Sigit Kurniawan


Salah satu faktor pendukung tercapainya rumah sakit ramah lingkungan atau green hospital adalah teknologi informasi. Namun, fakta mengatakan bahwa 90 persen rumah sakit di Indonesia memiliki problem dengan IT. Hal ini disampaikan oleh dr. Lia G Partakusuma dari RS Fatmawati dan Perhimpunan Rumah Sakit Indonesia dalam rangkaian Green ICT Conference di JCC, Kamis (03/11/2011).

"Kesadaran IT untuk para pelaku rumah sakit di Indonesia masih kurang. Padahal, IT sangat membantu efisiensi layanan pada pasien dan mendukung upaya membangun lingkungan yang sehat dan bersih di rumah sakit," kata Lia.

Selain itu, Lia melihat orang Indonesia masih sering tak mau direpotkan dengan teknologi informasi ini. Banyak rumah sakit yang menerima produk IT dengan asal terima saja, tanpa melakukan edukasi yang benar. Padahal banyak masalah yang selama ini dikeluhkan oleh pelanggan rumah sakit bisa diatasi melalui IT. Misalnya, proses billing, cek medical record, urusan obat, dan sebagainya. Pelanggan serimg mengeluh layanan kesehatan yang bertele-tele, lama, dan tidak efisien.

"Kelemahan kita selama ini, rumah sakit tidak memunyai grand design soal IT. Bahkan, tidak pernah memikirkannya secara serius. Tak pernah bicara soal plan IT sehingga terkesan apa adanya. Ini adalah tanggung jawab top management," pungkas Lia.

Sigit Kurniawan

Writer, Journalist, Free Thinker. Twitter: @sigit_kurniawan

View Profile

Multimedia

marketeers quote of the day

Kesadaran masyarakat akan investasi masih kurang. Mungkin banyak orang tahu kapan dan tentang pensiun. Tetapi, mereka jarang yang tahu bagaimana caranya berinvestasi di masa pensiun tersebut"

-Teddy Atmadja, Vice President Wealth Management & Investment PT BNI-