This text will be replaced. Streaming solutions by Primcast - Shoutcast hosting, Flash Streaming
Marketeers, Thursday,July 24 2014

Manifesto

Anak Muda kian Tertarik Politik, Jokowi jadi Panutan

April 24 2013 | By Jaka Perdana
"Anak muda alias youth jaman sekarang memang amat concern terhadap akibat free sex. Namun biar begitu mereka tetap melakukannya," ujar Joseph Kristofel, Manager Research MarkPlus Insight di Marketeers Dinner Seminar edisi April yang memaparkan penemuan atau hasil survei terhadap anak muda, dan langsung disambut dengan tawa audiens.

Selain memaparkan temuan baru di kalangan anak muda, Kristofel memaparkan penemuan terhadap anak muda berdasarkan anxiety atau faktor kecemasan mereka, dan yang pertama adalah kecemasan terhadap dampak free sex. Dalam hasil survei tersebut kecemasan terhadap free sex menempati posisi pertama dengan persentasi 14,5%. Penemuan lain adalah kecemasan terhadap ketergantungan obat terlarang sebesar 12,8%.

Kecemasan berikutnya adalah menjadi pengangguran dan tidak lulus ujian. "Anak muda kian cemas terhadap menjadi pengangguran. Ini berkaca pada orang-orang di sekitar mereka yang punya pendidikan tinggi, namun setelah lulus tidak punya pekerjaan. Tidak lulus ujian juga amat menghantui anak muda, terutama di kalangan anak SMA. Mereka tidak mau tinggal kelas barang setahun, karena bagi mereka tidak lulus ujian nasional amatlah aib," sambung Kristofel.

Lalu apa desire atau keinginan anak muda? Setelah lulus kuliah, kemudian bekerja dengan gaji besar, itu tidak terelakan. Menurut hasil survei MarkPlus Insight, anak muda yang memiliki keinginan tersebut sebesar 26,3%. Setelah itu, berturut-turut membuat bahagia keluarga, mendapatkan nilai bagus, hingga lulus sekolah atau kuliah adalah desire anak muda berikutnya.

Dan yang paling menarik adalah salah satu temuan lain yang tidak pernah terlihat di kalangan anak muda. "Anak muda sekarang ternyata mulai concern terhadap dunia politik, dunia yang sebelumnya tidak pernah identik dengan mereka. Itu karena anak muda kini mulai punya idola di dunia politik. Jokowi menjadi tokoh panutan di dunia politik pilihan pertama dengan persentase 14,8%, diikuti Rieke Diah Pitaloka dan Dede Yusuf. Ini juga penting untuk melihat seberapa besar power para politisi tersebut di mata anak muda," imbuh Kristofel.

Jaka Perdana

View Profile

Multimedia

marketeers quote of the day

"Persaingan di perbankan Indonesia sangat ketat. Kalau bank tidak berinovasi, pasti akan ketinggalan."

-Abdul Rachman, Direktur PT Bank Mandiri, Tbk-