This text will be replaced. Streaming solutions by Primcast - Shoutcast hosting, Flash Streaming
Marketeers, Thursday,October 02 2014

Youth StartUp Icon 2013

Andena Batik, Ketika Jiwa Wirausahawan Telah Tertanam Sejak Kecil

May 23 2013 | By Hendra Soeprajitno
Andena Batik


Menjadi wirausahawan ternyata telah menjadi citacita Andena Hirma Putri, pemilik Andena Batik. Wanita yang berdomisili di Tasikmalaya ini mengatakan untuk menjadi wirausahawan, seseorang harus memiliki jiwa tahan banting dan kreatif.

Bahkan karena tekadnya yang bulat, Andena pun tidak berpikir untuk bekerja ala kantoran. Simaklah alasan dan kisah Andena ketika memutuskan menjadi entrepreneur, yang disampaikan dalam rangka audisi Marketeers Youth Start Up Icon 2013:

Apa yang menjadi latar belakang dari bisnis Anda?

Dari kecil, saya selalu dilatih untuk mandiri hingga memulai usaha BATIK pada saat ini. Awal ketertarikan saya di bidang wirausaha sejatinya telah tumbuh semenjak duduk di bangku sekolah dasar, ketika lingkungan tempat saya tinggal telah membentuk karakter diri untuk menjadi salah seorang wirausahawan unggul.

Dari kecil saya sempat menyewakan buku, majalah, komik ke teman-teman. Dari sana, selain senang sewa- sewain buku, saya mempunyai hobi menyanyi.

Selain itu juga lingkungan saya juga banyak yang merupakan pedagang. Menginjak bangku kuliah, gairah untuk berwirausaha pun semakin tumbuh. Setelah melihat berbagai macam peluang bisnis batik asal Tasikmalaya, saya  mencoba bergelut dalam dunia tersebut.

Diyakini, batik memiliki pasar yang semakin hari semakin berkembang dengan sangat baik, terlebih adanya pengakuan dari UNESCO sebagai warisan budaya kita.

Selain sebagai ladang rupiah, bisnis yang saya  jalani juga merupakan bagian dari tanggung jawab moral saya. Sebenarnya selain profit, bagi saya, batik telah mendarah di keluarga saya.

Dalam membangun Andena Batik yang kurang lebih dua tahun berjalan diperlukan sebuah kerja keras dan semangat pantang menyerah. Selain itu sikap kreatif dan inovatif pun perlu terus dikembangkan guna menjaga persaingan usaha yang semakin berat.

Apa pencapaian yang telah Anda raih?

Salah satu pencapaian adalah menjadi finalis nasional wirausaha muda mandiri dan finalis nasional PPKI 2011.

Apa yang telah Anda lakukan dalam mengangkat perekonomian daerah  Anda?

Untuk masyarakat di sekitar Tasikmalaya, Andena Batik bisa mempekerjakan ibu-ibu rumah tangga di sekitar wilayah Tasikmalaya. Hampir seluruh karyawan adalah karyawan asli yang bertempat tinggal di sekitar kami, mulai dari pengrajin batik dan pemasaran untuk wilayah Kota Bandung. Untuk agen dan reseller, kami tentunya saling memberikan keuntungan satu sama lain,  mulai yang berada di Kota Bandung atau pun kota lainnya di seluruh Indonesia.

Apa motivasi Anda dalam mengikuti kontes ini, dan kenapa Anda layak disebut sebagai  ikon wirausaha muda di dunia startup dari kota Anda?

Andena Batik didirikan oleh saya sendiri yang berstatus mahasiwa. Hal Ini membuat saya mampu bisa menjadi salah satu mahasiswa yang berhasil berwirausaha. Padahal banyak mahasiswa saat ini yang setelah lulus langsung bekerja. Padahal berwirausaha itu sangat menyenangkan. Produk kami mampu bersaing dengan pengusaha batik besar, baik pasar local maupun luar.

Dengan ini, saya berharap bisa memotivasi mahasiswa untuk terus berwirausaha sehingga bisa membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya. Selain itu, saya juga ingin membuktikan dengan kerja keras dan kemauan, saya bisa berkreasi di tengah persaingan ekonomi yang sangat pesat. Tentunya, usaha saya ini juga bisa meningkatkan kecintaan rakyat Indonesia untuk lebih menghargai dan mencintai batik.

Hendra Soeprajitno

View Profile

Multimedia

marketeers quote of the day

"Kuncinya, Introspeksi. Harus menerima kritikan orang lain. Ketika kita menutup telinga pada kritikan, itulah akhir dari segalanya"

-Wulan Tilaar, Vice Chairman Martha Tilaar Group-