This text will be replaced. Streaming solutions by Primcast - Shoutcast hosting, Flash Streaming
Marketeers, Sunday,August 31 2014

Maneuver

Apa Strategi Jitu Untuk Pasar Yang Jenuh?

April 19 2013 | By Darus Salam
Sumber Ilustrasi: http://www.burbuja.info/


Sesuai dengan siklus hidup bisnis, pertumbuhan yang meroket selalu diikuti dengan pasar yang mulai mature dan decline. Lalu apa yang harus dilakukan perusahaan saat pasar mulai jenuh, apalagi seperti restoran fast food dengan cabang yang sangat banyak? Kisah mengenai McDonald's dalam buku Introduction to Global Marketing yang ditulis Warren J. Keegan (1999) dapat menjadi inspirasi bagi para pelaku usaha untuk menghadapi hal ini.

McDonald's sebenarnya tidak punya alasan untuk berekspansi hingga ke 109 negara. Perusahaan ini telah memiliki 12.380 restoran di Amerika Serikat dan melayani satu per tiga dari kebutuhan hamburger yang dikonsumsi orang Amerika. Setiap tahunnya, McD mengeluarkan USD 1 miliar untuk iklan dan promosi. Meski begitu, industri makanan cepat saji di Amerika Serikat mengalami penurunan dari rata-rata 7,1 persen di era 70an menjadi kurang dari 5 persen di era 90an. Inilah yang kemudian mendorong McD untuk mengembangkan sayap ke luar negeri.

Pada tahun 1991, McDonald's telah memiliki 3.355 unit restoran di 53 negara. Angka ini terus tumbuh hingga pada tahun 1997 McD telah membuka lebih dari 10.700 restoran di seluruh dunia. Bila ditotal dengan yang ada di AS, maka jumlahnya mencapai 23.132 unit. Fenomena ini mungkin mengingatkan masyarakat masa kini kepada apa yang dilakukan kedai kopi Starbucks yang agresif dalam membuka cabang.

Tidak pandang bulu, McD bahkan masuk pasar negara yang dulu dikenal sebagaiUni Soviet. Tidak mudah, McD butuh waktu 14 tahun untuk negosiasi hingga akhirnya berhasil membuka restoran pertamanya pada 31 Januari 1990. Restoran cepat saji yang terletak empat blok dari Kremlin ini memiliki 700 tempat duduk di dalam dan 200 lainnya di luar ruangan. Lalu bagaimana dengan permintaannya? Setiap harinya restoran ini melayani hingga 18.000 pesanan kentang goreng, 12.000 Big Macs, dan 11.000 kue pie apel.



McD bahkan mempekerjakan 800 orang karyawan untuk melayani restoran seluas 70 kaki dengan 27 konter kasir. Bila ditanya apa yang menjadi resep kesuksesannya, McDonald's selalu menggunakan nilai lokal daerah setempat sebagai daya tarik untuk manawarkan rasa yang sesuai. Di Jepang McD menawarkan teriyaki, kue pie pisang di Amerika Latin, burger kiwi di Selandia Baru, beer di Jerman, mie McSpaghetti di Filipina, dan tentunya nasi di Indonesia.

Darus Salam

View Profile

Multimedia

marketeers quote of the day

"Semangat kami adalah tumbuh bersama customer. Bila mereka tumbuh, kami pun secara otomatis akan tumbuh"

-Margono Tanuwijaya, Marketing Director PT Astra Honda Motor-