This text will be replaced. Streaming solutions by Primcast - Shoutcast hosting, Flash Streaming
Marketeers, Friday,October 24 2014

Movement

Blogger Berpartisipasi Besar pada Sosio Budaya ASEAN

May 10 2013 | By Sigit Kurniawan


Perhelatan akbar para blogger se-ASEAN dibuka hari ini di Solo, Jawa Tengah. Acara yang dikenal dengan ASEAN Blogger Festival ini digelar pada 10-12 Mei 2013. Kemarin malam, para blogger ASEAN ini dijamu makan malam oleh Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo sebagai dukungan penuh pemerintah kota Solo.

Dengan tagline "Tourism Ambassador", ASEAN Blogger Festival kali ini mengusung tema "Reinventing the Spirit of Cultural Heritage in Southeast Asia." Pembukaan festival ini dihadiri oleh sekitar 250-an blogger dari ASEAN. Festival ini diisi dengan aneka diskusi, lokakarya, seminar, dan tur budaya di sekitar Solo.

Dalam presentasinya bertajuk "Youth, Women, Netizen: Into New New ASEAN 2015", Hermawan Kartajaya memaparkan peranan penting para blogger dalam pengembangan sosio-budaya di kawasan ASEAN. Hermawan mengatakan ada tiga pilar utama yang menyokong ASEAN saat ini, yakni political security yang sifatnya Government-to-Government, Ekonomi yang sifatnya Business-to-Business, dan Sosio Budaya yang sifatnya Person-to-Person. Menurut Hermawan, blogger memainkan peran besar dalam pengembangan pilar ketiga tersebut, yakni sosio budaya.

Peran blogger diperlukan karena menurut Hermawan blogger bisa berkomunikasi lebih dalam melalui tulisannya dengan konten lebih luas, dalam, dan lengkap serta tidak terbatas. "Blogger juga lebih terbuka," kata Hermawan.

Ada tiga peran blogger selama ini, yakni berperan sebagai penerbit, editor, sekaligus marketer. Bagaimana bloger ASEAN ini bisa mengoptimalkan perannya sebagai marketer? Hermawan menawarkan 13 game changer yang baik diketahui dan diperankan oleh para blogger tersebut. Ketigabelas game changer itu, antara lain connectivity, confirmation, collaboration, codification, co-creation, currency, character, communal activation, conversation, care, community, dan commercialization.

*Tulisan ini berdasarkan laporan  Ardhi Ridwansyah. 

Sigit Kurniawan

Writer, Journalist, Free Thinker. Twitter: @sigit_kurniawan

View Profile

Multimedia

marketeers quote of the day

"Di industri penerbangan, bila Anda tak bisa jual hari ini, Anda tak bisa menjualnya esok hari. Kesempatan telah pergi"

-Frank Puttmann, Head of Lufthansa Grup Communication Asia-Pacific-