This text will be replaced. Streaming solutions by Primcast - Shoutcast hosting, Flash Streaming
Marketeers, Friday,October 24 2014

Maneuver

Bukan Hanya Indonesia, Multiply Filipina Juga Tutup

April 26 2013 | By Waizly Darwin
Screenshot Multiply Filipina yang mengabarkan juga akan  ditutup 6 Mei 2013


 

Kabar duka melimuti industri e-commerce Indonesia. Situs www.multiply.co.id resmi ditutup per 6 Mei 2013. Sebagaimana yang disampaikan oleh Daniel Tumiwa (Country Director, Multiply) melalui surat resmi ke publik, “dengan sangat menyesal, kami umumkan bahwa situs Multiply.co.id (dan Multiply.com) akan ditutup per tanggal 6 Mei 2013 dan kami akan menghentikan semua kegiatan usaha kami per tanggal 31 Mei 2013.”

Masih belum jelas apa latar belakang penutupan situs yang kini tengah mentransform diri dari social network platform ke social marketplace ini. Yang pasti, situs Multiply di Filipina pun juga mengumumkan hal yang sama, akan ditutup per Mei 2013 nanti.

Multiply, yang didirikan oleh Peter Pezaris, belakangan memang berjuang mati-matian merevolusi bisnisnya. Platform yang lahir di Amerika Serikat dan besar di Asia Tenggara ini, diluncurkan sebagai social network pada tahun 2004. Ketika itu produk jejaring sosial tengah hot di Indonesia, ada MySpace untuk segmen komunitas musik, Friendster yang digandrungi anak muda, Multiply mantap masuk ke segmen friend and family.

Ketika MySpace dan Friendster mati oleh Facebook, untuk tetap survive Multiply mereposisi diri menjadi platform e-commerce, dan tertolong investasi segar dari Naspers Agustus 2010.

Kini Multiply secara resmi merupakan bagian dari perusahaan konglomerat media asal Afrika Selatan ini. Naspers sendiri aktif investasi di negara-negara berkembang, seperti di Afrika, Eropa Timur, dan Asia.

Bagi perusahaan yang awalnya operator TV kabel dan satelit ini, Indonesia bukan negara yang asing, mengingat salah satu perusahaan mereka M-Web dulu pernah investasi di Astaga.com.

Entah apa alasan di balik tutupnya Multiply. Entah karena pepesan kosong investasi dari perusahaan induknya ini atau karena faktor yang lain, Marketeers belum mendapatkan informasi yang jelas.

Namun satu yang pasti, dunia e-commerce di Indonesia berduka.

Waizly Darwin

Marketeers, Milan, and Music

View Profile

Multimedia

marketeers quote of the day

"Salesman yang baik adalah yang telinganya gede, artinya mau mendengarkan konsumen"

-Suparno Djasmin, CEO PT Astra International Tbk- Daihatsu Sales Operation-