This text will be replaced. Streaming solutions by Primcast - Shoutcast hosting, Flash Streaming
Marketeers, Saturday,April 19 2014

Main Story

[Outlook 2012] Chairul Tanjung: Indonesia Jadi Greater Indonesia!

January 18 2012 | By Sigit Kurniawan


Memanfaatkan momentum perekonomian Indonesia yang positif dengan sebaik-baiknya menjadi langkah tepat bagi Indonesia sekarang ini. Pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 6,6 persen pada tahun 2011 dan ditargetkan naik menjadi 6,7 persen di tahun ini. Tapi, mengapa tidak ditargetkan menjadi tujuh persen? Demikian pertanyaan yang dilontarkan oleh Chairul Tanjung, pemilik CT Corp dalam Financial Lecture bertajuk "Pasca-Investment Grade, what's next?" di Ritz-Carlton, Pacific Place, Rabu (18/01/2012). Chairul menantang untuk optimistis Indonesia bisa mencapai pertumbuhan yang lebih. Kuncinya, sambung Chairul, adalah terus bekerja keras dan memanfaatkan momentum.

Fakta lain selain peningkatan dan penurunan tingkat utang di negara-negara yang terkena krisis kuangan AS dan Eropa, samung Chairul, telah terjadi eksodus besar-besaran para profesional keluar Eropa. Para profesional Spanyol, misalnya, lari ke wilayah Amerika Latin. Sementara itu, Indonesia diberitakan sebagai negara yang menjadi honey pot bagi para ekspatriat saat hot money justru mulai keluar dari China. Indonesia pun berhasil mempertahankan rupiah dalam posisi yang stabil.

Peluang di atas tidak boleh disia-siakan. Sebab itu, kata Chairul, perlu kerjasama dalam banyak pihak, baik pemerintah, BUMN, maupun swasta, termasuk swasta asing. Pemerintah perlu didesak untuk meingkatkan iklim investasi dan daya saing, menambah dan memperbaki infrastruktur, tegas dalan pemberantasan korupsi, dan sebagainya. Sementara, bagi pihak BUMN dan swasta, Chairul menyarankan untuk tidak menjadi perusahaan yang gampamg panik. Perubahan harus dihadapi dengan tenang dan strategi analisis yang jelas. Selain itu, jangan lupa untuk fokus pada eskpor.

"China dan India bisa dijadikan benchmark karena berhasil memanfaatkan momentum perbaikan rating untuk membangun investasi. Kita perlu optimistis karena Indonesia menjadi greater Indonesia dan berpengaruh di Asia. Pada tahun 2050, lebih dari 50 persen perekonomian dunia akan disokong oleh Asia," kata Chairul.

Sigit Kurniawan

Writer, Journalist, Free Thinker. Twitter: @sigit_kurniawan

View Profile

Multimedia

marketeers quote of the day

"Pengalaman menggarap pasar nasional, menjadi bekal utama bagi kami menggarap pasar Internasional."

-Honesti Basyir, Direktur Keuangan PT Telkom Indonesia, Tbk-