This text will be replaced. Streaming solutions by Primcast - Shoutcast hosting, Flash Streaming
Marketeers, Saturday,October 25 2014

Trends & Observations

Ciputra Boyong W Hotels ke "Orchard Road" Jakarta?

October 27 2011 | By Waizly Darwin


Warung Betawi yang terletak di Jalan Dr Satrio adalah salah satu tempat yang biasa kami kunjungi untuk makan siang. Sayang disayang, sudah tak bisa lagi kami berharap untuk makan Tahu Gejrot atau minum Bir Pletok di sana. Apa pasal? Warung ini kini telah disulap jadi Seven Eleven ke-44 di Indonesia.


Pemandangan di sepanjang Jalan Prof Dr Satrio di Jakarta saat ini memang ibarat medan konstruksi.


Di sisi tengah jalan, ada proyek pembangunan Jalan Layang Non Tol (JLNT) yang dibangun oleh Dinas Pekerjaan Umum Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.


Di sisi pinggir jalan ada beberapa proyek swasta yang sedang dikebut, mulai dari proyek office park, hotel , pusat perbelanjaan hingga menara blok untuk apartment premium.


Cara kerja swasta pasti lebih cepat dibanding ketika sebuah proyek pembangunan dikerjakan oleh pemerintah. Dan ini yang juga kami amati di sepanjang jalan Satrio. Proyek JLNT kelihatannya masih akan molor karena hanya dikerjakan waktu malam. Lain halnya dengan proyek properti swasta yang memang mengejar “setoran” sehingga harus dikerjakan non-stop 24 jam dengan jumlah buruh yang lebih banyak.


Ada dua pengembang besar yang tengah aktif menyulap kawasan Satrio ini. Selain Agung Podomoro dengan proyek Kuningan City, ada pula Grup Ciputra yang dengan mega proyek Ciputra World berambisi membuat Jalan Prof Dr Satrio seperti “Orchard Road”.


Di Superblok  Ciputra World Jakarta akan ada pusat perbelanjaan beserta Lotte Mart, Raffles Hotel, kondomunium, gedung perkantoran, servis apartment, Raffles Residences, dan juga Ciputra Artpreneur Center yang berisikan museum dan auditorium. Proyek ini diperkirakan akan selesai pada semester kedua tahun 2012.


Selain menggarap Superblok tersebut, grup Ciputra juga akan membangun properti pada dua lahannya yang lain di Jalan Prof Dr Satrio, satu yang sekarang terletak di Ciputra Gallery, dan satu yang lain di depan Ciputra World. Menurut sumber Marketeers,  Ciputra telah menandatangani kesepakatan dengan jaringan hotel Starwood Hotels and Resorts Worldwide untuk membangun W Hotels Jakarta yang rencananya akan diluncurkan pada tahun 2015.


Masih tidak bisa terbayang bagaimana jadinya ketika rangkaian proyek pembangunan “Orchard Road-nya Jakarta” ini rampung nanti.  Mudah-mudahan saja di tahun 2015 nanti, kawasan ini akan menjadi destination brand dengan sebutan “Satrio Road” bagi orang-orang di luar negeri.


Waizly Darwin

Marketeers, Milan, and Music

View Profile

Multimedia

marketeers quote of the day

"Persaingan di perbankan Indonesia sangat ketat. Kalau bank tidak berinovasi, pasti akan ketinggalan."

-Abdul Rachman, Direktur PT Bank Mandiri, Tbk-