This text will be replaced. Streaming solutions by Primcast - Shoutcast hosting, Flash Streaming
Marketeers, Wednesday,April 16 2014

Manifesto

Dahsyatnya Metode Gamification dalam pemasaran

April 20 2012 | By thomasfm
Gamefication In Marketing
 

 

 



Sebagai praktisi dalam bidang pemasaran tentu kita merasa perlu untuk terus mengembangkan pemasaran kita dengan teknik dan strategi baru. Beberapa tahun yang lalu kita sempat dihebohkan dengan berita bahwa di Korea dan dibanyak Negara didunia bahkan di Indonesia juga ada orang yang kecanduan bermain game online sampai meninggal. Setelah dipelajari memang ternyata ada banyak sekali elemen dalam dunia game yang dapat membuat orang terikat atau ketergantungan dengan game yang dia mainkan. Dan ternyata diluar sana banyak praktisi didunia bisnis yang mempelajari elemen-elemen tersebut dan akhirnya menerapkan dalam suatu bidang keilmuan yang disebut Gamification dimana Gamification sendiri memiliki pengertian bahwa menerapkan elemen-elemen yang ada di dalam game untuk keperluan diluar game seperti bisnis, pemasaran, dan lain-lain. Dan teknik itu terus dikembangkan sampai sekarang, terakhir saya pelajari terdapat 71 teknik dahsyat gamification yang dapat digunakan untuk membuat orang tergila-gila membeli produk kita, tanpa harus kita membujuk atau merayu mereka untuk membeli produk yang kita jual.

Jika kita melihat bukti sukses penerapan Gamification yang biasa dipakai misalnya seperti yang digunakan Tung Desem Waringin ketika menjual seminarnya dengan cara pembatasan waktu dan pembatasan barang, hanya untuk hari ini saja harga seminar dari 30 juta jadi hanya 5 juta, atau hanya untuk 20 orang pertama saya berikan harga 3 juta, teknik-teknik ini sering digunakan didalam game sebagai contoh pada event-event khusus pemain mendapat double experience, atau drop items special ketika melawan monster. Contoh lainnya seperti faktor Time Appointment, yang diterapkan oleh Mc Donald, mereka mengeluarkan khusus menu breakfast jadi dimana menu itu hanya ada pagi hari, nah hal ini menarik orang yang datang pada pagi hari untuk membeli menu breakfast tersebut, atau juga yang diterapkan oleh Blitz megaplex dan XXI dimana untuk hari biasa harganya lebih murah dibandingkan akhir pekan (weekend), hal ini yang menarik orang untuk menonton pada hari biasa, dimana yang dulu bioskop hanya ramai pada akhir pekan.



Masih banyak lagi teknik-teknik gamification yang diterapkan dalam pemasaran, dan ternyata teknik gamification ini sangat bagus diterapkan dalam applikasi / software pemasaran Anda. Jika Anda ingin tertarik mengetahui lebih banyak bisa datang ke acara seminar saya di hari sabtu ini “Success In Online Business”.



 

thomasfm

Thomas started his career 2002 in the field of digital marketing, while also explore the field of internet marketing, online business and digital technology in which all provide experience and knowledge in setting up Future Mediatrix in 2009.

View Profile

Multimedia

marketeers quote of the day

Matahari Departement Store merupakan satu-satunya departement store di Indonesia yang pelanggannya bisa menukar produk lintas toko, bahkan lintas toko di pulau yang berbeda."

-Endah Setyowati, Head of Customer Service Matahari Departement Store-