This text will be replaced. Streaming solutions by Primcast - Shoutcast hosting, Flash Streaming
Marketeers, Friday,August 01 2014

Mark Your Style

Dredd, Interpretasi Penegak Hukum Gaya Baru dalam Masyarakat yang Rusak

October 22 2012 | By Jaka Perdana
DNA Films


Mungkin karakter hakim Dredd atau Judge Dredd sudah kadung melekat pada diri aktor Sylvester Stalone (Sly). Film berdasarkan komik yang rilis pada 1995 tersebut kini kembali hadir dengan judul singkat Dredd, yang tentunya tanpa penampilan Sly. Judge Dredd kini diperankan oleh aktor Karl Urban.

Mega City One menjadi kota yang dihuni 800 juta penduduk, merentang dari Boston sampai Washington, setelah Bumi rusak akibat radiasi nuklir. Saking padatnya, kejahatan menjadi hal lumrah. Maka sebagai penegak hukum, tidak ada lagi istilah polisi, melainkan hakim atau judge yang dipersenjatai layaknya polisi dengan hak membunuh bila diperlukan.

Judge Dredd (Karl Urban) harus menemani rookie Judge Anderson (Olivia Thirlby) sebagai tugas pertamanya, yaitu mengungkap gembong narkotik di apartemen raksasa Peach Trees. Namun di sana keduanya harus berusaha survive setelah dijebak dalam gedung yang ditutup rapat oleh ketua gembong, Ma-Ma (Lena Headey).

Keras dan Tanpa Kompromi

Dredd versi baru ini sebenarnya bukan remake dari versi Sly. Namun lebih ke arah cerita yang baru karena mengambil kisahversi lain dari komiknya, dengan karakter sentral tetap dipegang Dredd. Perubahan drastis lainnya adalah penggambaran dunia masa depan yang lebih gelap, keras, brutal, dan tanpa kompromi.

Situasi sosial rusak ditampilkan melalui masyarakatnya yang tiap hari gemar bertikai, saling berebut daerah, serta perbuatan kriminal lainnya seperti konsumsi narkoba. Tampilan itu seolah menjadi santapan empuk bagi para judge untuk menghabisi para penjahat di tempatnya langsung tanpa banyak ba bi bu.

Hal itu juga jelas terlihat dalam penampakan Dredd yang sepanjang film memakai helm serta raut tanpa senyum. Ia digambarkan super keras dan tangguh, dan amat loyal terhadap hukum. Akibatnya adalah suasana film yang berhasil mencekam di tangan sutradara Pete Travis, dengan muntahan peluru dan darah sebagai sajian utama Dredd. Kehadiran Olivia Thirlby sebagai Anderson jelas menjadi oase penyejuk dalam film futuristik berbudget US$45 juta ini.

Jaka Perdana

View Profile

Multimedia

marketeers quote of the day

"Semangat kami adalah tumbuh bersama customer. Bila mereka tumbuh, kami pun secara otomatis akan tumbuh"

-Margono Tanuwijaya, Marketing Director PT Astra Honda Motor-