This text will be replaced. Streaming solutions by Primcast - Shoutcast hosting, Flash Streaming
Marketeers, Thursday,September 18 2014

Maneuver

HondaJet Akhirnya Mendapat Izin Terbang

May 21 2013 | By Eko Adiwaluyo
HondaJet yang diproduksi oleh Honda Aircraft Company berhasil mendapatkan izin untuk penerbangan perdananya dari Federal Aviation Administration (FAA). Penerbangan itu dilakukan pada tanggal 16 Mei 2013 di Greensboro, Negara Bagian North Carolina, Amerika Serikat. Dengan demikian HondaJet telah berhasil melalui fase terakhir dari uji kelaikan terbang FAA serta mendapat predikat sebagai “The World’s Most Advanced Light Jet”.

 HondaJet bertolak dari Piedmont Triad International Airport. Sepanjang perjalanan yang memakan waktu satu jam, HondaJet menampilkan performa yang halus dengan tingkat ketinggian terbang 12.000 kaki dari permukaan laut, dan kecepatan maksimum 300 Knots.

“Penerbangan perdana HondaJet merupakan hal sangat penting dan emosional dilihat dari perjalanannya. Kami juga bersyukur serangkaian proses uji kelaikan terbang serta bentuk desain eksterior dan interior HondaJet dapat memenuhi konfigurasi sebagai pesawat untuk penumpang,” kata Michimasa Fujino, Presiden & CEO Honda Aircraft Company.

Penerbangan perdana HondaJet ini sekaligus tes uji kelaikan dalam hal F&R (Function & Reliability). Proses ini menguji service flights operations. Tes ini juga menguji standard dari lavatory dan opsi side-facing seat, serta tes sistem kabin. Tes lainnya adalah pengujian Controller-Pilot Data Link Communications (CPDLC).

Sejak tahun 2010, HondaJet telah melakukan lima kali uji coba kelaikan terbang bersama FAA. HondaJet juga telah mempatenkan Over-The-Wing Engine Mount (OTWEM), dan menggunakan mesin turbo jet jenis GE Honda HF120. Pesawat ini hadir dengan corak biru dan putih mutiara dengan garis emas metalik. Sementara untuk kabinnya didominasi oleh warna beige. HondaJet akan dijual dengan harga 4.5 juta dollar Amerika (atau 3.41 juta Euro).

 

Eko Adiwaluyo

View Profile

Multimedia

marketeers quote of the day

"Pengalaman menggarap pasar nasional, menjadi bekal utama bagi kami menggarap pasar Internasional."

-Honesti Basyir, Direktur Keuangan PT Telkom Indonesia, Tbk-