This text will be replaced. Streaming solutions by Primcast - Shoutcast hosting, Flash Streaming
Marketeers, Monday,September 22 2014

WOW Brand Champion Award

Indonesia Brand Champion Award 2013 - Industri Perbankan

January 31 2013 | By
Industri perbankan Indonesia saat ini boleh dibilang sebagai industri yang bertumbuh positif dari tahun ke tahun. Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang selama ini ditopang oleh konsumsi domestik dan investasi juga menjadi kabar gembira bagi industri perbankan.

Alhasil Bank-bank di Indonesia juga menampilkan performa kinerja yang makin baik, khususnya di sepanjang tahun 2012. Parameter pertumbuhan gemilang tersebut bisa dilihat dari pertumbuhan di berbagai lini perbankan—salah satunya kredit.

Menurut Statistik Perbankan Indonesia yang terbit pada 12 Desember 2012 lalu, pertumbuhan kredit mencapai 22,40% dari Rp 2.028,14 triliun per Oktober 2011 menjadi Rp 2.482,52 triliun per Oktober 2012. Pertumbuhan tersebut mengangkat rasio antara kredit serta Dana Pihak Ketiga (Loan to Deposit Ratio/LDR) dari 81,03% per Oktober 2011 menjadi 83,78% per Oktober 2012. Dengan demikian, perbankan nasional telah melewati LDR minimal 78% seperti yang ditetapkan Bank Indonesia.

Terkait dengan performa yang makin matang dan sebagai bentuk apresiasi kepada bank-bank di Indonesia yang telah berhasil mencapai indeks performa merek yang sangat baik selama tahun 2012 tersebut, MarkPlus Insight dan Majalah Marketeers memberikan penganugerahan “Indonesia Brand Champion Award 2013”. Penghargaan ini diberikan berdasarkan hasil survei tatap muka yang dilakukan oleh MarkPlus Insight pada Oktober-November 2012 terhadap 3. 200 responden di enam kota besar yaitu Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Medan dan Makassar.

Penghargaan ini diberikan dalam dua kategori, yaitu most popular brand dan brand equity champion. Untuk kategori most popular brand diberikan kepada 3 (tiga) bank konvensional dan 3 (tiga) bank syariah yang telah berhasil meraih top of mind awareness paling tinggi di antara para pesaingnya. Sedangkan untuk kategori brand equity champion diberikan kepada bank-bank yang berhasil meraih indeks brand equity paling tinggi yang diukur berdasarkan 3 (tiga) parameter yaitu brand awareness index, brand image index, dan brand loyalty index.

Pada kategori brand equity champion ini diberikan kepada masing-masing 3 (tiga) bank konvensional dengan asset di atas Rp 75 trilliun, 3 (tiga) bank dengan aset di bawah Rp 75 trilliun, 3 (tiga) bank regional (BPD), dan 3 (tiga) bank syariah. Di antara bank konvensional dan bank syariah tersebut, masing-masing diambil 1 (satu) best champion yang dipilih dari bank yang meraih indeks brand equity paling tinggi.

Berikut adalah para pemenangnya:

 

writer, blogger, journalist, social media lover

View Profile

Multimedia

marketeers quote of the day

"Di industri penerbangan, bila Anda tak bisa jual hari ini, Anda tak bisa menjualnya esok hari. Kesempatan telah pergi"

-Frank Puttmann, Head of Lufthansa Grup Communication Asia-Pacific-