This text will be replaced. Streaming solutions by Primcast - Shoutcast hosting, Flash Streaming
Marketeers, Friday,August 01 2014

BUMN Marketeers Club

Inovasi Bank Mandiri untuk Menjawab Kebutuhan Pasar

May 22 2013 | By Sigit Kurniawan


Inovasi produk dan layanan mutlak dilakukan oleh instansi perbankan. Selain karena teknologi yang makin berkembang, juga kebutuhan masyarakat yang makin berkembang dan kompleks. Sebab itu, salah satu cara menjawab tren tersebut adalah dengan melakukan inovasi. Hal ini disampaikan oleh Abdul Rachman, Direktur PT Bank Mandiri di BUMN Marketeers Club ke-14 , di Plaza Mandiri, Rabu (22/05/2013). Inovasi-inovasi yang dilakukan, sambung Abdul Rachman, merupakan perwujudan dari semangat Bank Mandiri untuk membangun negeri. Inovasi ini juga dimaksudkan agar layanan bank menjangkau masyarakat di wilayah terpencil.

"Saat ini, Bank Mandiri secara kontinu mendukung Bank Indonesia mewujudkan cash-less society yang mana transaksi elektronik makin berkembang sekarang dan ke depannya," kata Abdul.

Abdul optimistis dengan program inovasi perbankan mengingat sampai saat ini sektor perbankan masih menjadi sumber pembiayaan utama di Indonesia. Pada Agustus 2012, misalnya, kredit perbankan meningkat di mana kredit secara gross tumbuh Rp 74,4 triliun yang sebagian besar disalurkan untuk kredit produktif. Selain itu, Bank Mandiri juga memainkan peran untuk memudahkan transaksi nasabah melalui Mandiri Cash Management di mana pada tahun 2012 menjangkau 11.899 perusahaan dengan total Rp 43,433 triliun.

Untuk pedagangan internasional, Mandiri menyediakan layanan Mandiri Global Trade, jual beli valuta asing (e-FX), dan percepatan proses Bank Garansi. Hal-hal di atas juga didukung dengan kanal-kanal keuangan yang menjangkau nasabah yang semakin luas. Jumlah total ATM Mandiri sampai akhir tahun 2012 berjumlah 10.985 unit. Bank Mandiri juga memiliki 180,532 mesin EDC, 5,74 juta mobile banking, 1,36 juta internet banking. Penerbitan kartu pada tahun 2012 meliputi 10,16 juta kartu debit, 2,85 juta kartu kredit, dan 2,7 juta e-Money.

"Ini untuk mempersiapkan masa depan bagi generasi muda yang akan menggunakan teknologi untuk transaksi perbankan. Apalagi sekarang setiap hari, rata-rata transaski di Bank Mandiri ada empat juga dan 92 persennya menggunakan kanal elektronik," kata Abdul.

Inovasi juga dilakukan pada segmen ritel, seperti layanan e-commerce, ATM prabayar, personalize ATM, maupun Mandiri Mobile. Mandiri juga mengembangkan sistem reward dalam program Fiesta Poin sebagai gimmick untuk nasabah.

Sigit Kurniawan

Writer, Journalist, Free Thinker. Twitter: @sigit_kurniawan

View Profile

Multimedia

marketeers quote of the day

Matahari Departement Store merupakan satu-satunya departement store di Indonesia yang pelanggannya bisa menukar produk lintas toko, bahkan lintas toko di pulau yang berbeda."

-Endah Setyowati, Head of Customer Service Matahari Departement Store-