This text will be replaced. Streaming solutions by Primcast - Shoutcast hosting, Flash Streaming
Marketeers, Wednesday,September 17 2014

Marketing Reviews

Jenis-Jenis Jaringan Pada Social Network

November 13 2010 | By Abang Edwin SA


Mungkin Anda sudah mengenal atau setidaknya pernah mendengar nama Facebook. Ya betul nama di atas tersebut adalah nama dari social network yang paling dikenal pada saat ini, tapi Facebook bukanlah satu-satunya social network media yang ada. Bila Anda mengunjungi Wikipedia, maka Anda bisa mendapatkan daftar dari social network media yang populer yang ada di dunia ini. Sumber lain yang bisa Anda kunjungi adalah di http://findsocialnetwork.com/search.php

Kembali pada jenis-jenis jaringan pada social network, setidaknya ada empat jenis jaringan yang bisa Anda dapatkan social network yang ada, yaitu:

Jaringan Pertemanan

Jaringan ini terbuka untuk semua, dimana saja dan untuk umum. Yang termasuk dalam jenis jaringan ini antara lain adalah Facebook, MySpace, Bebo, Badoo, Sofamous, Buzznet, Flixster dan Flickr, dan masih bertambah terus seiring perkembangan dunia internet. Beberapa dari jaringan tersebut sangat fokus pada profil pribadi dan kemampuan berkirim pesan antar teman, dan yang lain lebih pada berbagi foto, musik dan jurnal. Contohnya pengguna Facebook berbagi interest mereka pada profil pribadi dan berbagi pesan dengan teman pada "walls". Mereka juga bisa mengajak teman-teman dalam jaringan mereka untuk mengikuti kuis-kuis dan game. Dan hampir pada semua jaringan di atas, Anda bisa bergabung ataupun membangun grup-grup yang berfokus pada interest tertentu.

Biasanya pada jaringan pertemanan ini ada fitur yang memungkinkan Anda mengatur tingkatan privasi yang Anda inginkan. Jaringan pertemanan ini dulunya sangat populer untuk pengguna berusia dibawah 25 tahun, namun kini mulai bergerak pada pengguna yang lebih dewasa yang ingin tetap keep-in-touch dengan teman-teman dan keluarga.

Jaringan Sosial/Bisnis & Sosial/Profesional

Jaringan ini secara umum menarik pengguna yang tertarik pada bidang bisnis dan urusan yang bersifat profesional daripada pelajar dan anak muda. Yang paling terkenal pada jaringan ini adalah LinkedIn, Xing dan Ecademy, ketiganya memiliki anggota dari sekitar 200 negara di dunia.

Jaringan sosial/bisnis mengajak pengguna untuk membangun jaringan berbasis hubungan bisnis. Sedangkan jaringan sosial/profesional lebih mengajak pengguna untuk membangun jaringan berbasis saling merefer untuk jenis-jenis bisnis yang bisa berhubungan. Keduanya bisa berguna untuk membangun koneksi bisnis Anda dan juga reputasi Anda pada bidang-bidang tertentu. Kebanyakan dari jaringan di atas memberikan kesempatan pada Anda untuk bisa memperluas profil Anda, menulis blog dan juga bergabung dengan grup-grup tertentu yang sesuai dengan minat Anda.

Komunitas yang Lebih Spesifik

Biasanya jaringan ini berjalan pada platform-platform situs dengan membership, messages board dan forum. Ada yang memiliki profil, dan ada juga yang tidak. Kegunaan dari situs jaringan ini adalah mewadahi pengguna-pengguna yang memiliki interest yang sama, misalnya puisi, olahraga, game, dan lain sebagainya. Kadang kala ada juga yang memiliki support group sendiri terutama pada jaringan yang sifatnya berbagi masalah dalam hidup, misalnya masalah kehilangan (psikologi) dan penyakit.

Kelebihan memiliki komunitas pada social network adalah memungkinkan Anda berhubungan dengan orang-orang yang memiliki interest atau masalah yang sama. Bila Anda aktif berbagi pada komunitas ini maka Anda akan mulai dikenal dan reputasi Anda akan mulai terbentuk. Menularkan koneksi Anda pada jaringan yang lain akan lebih mudah jika Anda sudah dikenal dan reputasi Anda sudah terbentuk.

Jaringan Ceruk Sempit (Niche Networks)

Niche networks pada saat ini makin populer. Banyak yang mulai membangun niche network mereka sendiri. Biasanya keanggotaannya dengan sistem undangan dengan harapan jaringan ini bisa lebih fokus dan relevan. Niche networks biasanya memiliki fokus yang sangat spesifik, sehingga memungkinkan bagi para anggota untuk bersinergi bersama-sama dengan minat yang sama, yang biasanya lebih sulit dilakukan pada jaringan pertemanan umum.

Biasanya niche networks ini memiliki anggota yang tidak banyak, apakah mereka membatasi? sepertinya tidak tapi karena lebih fokus maka, orang-orang yang serius dalam bidangnyalah yang ingin menjadi anggotanya. Walaupun social network besar yang memiliki critical mass untuk bisa diperbincangkan dan jadi referensi, akan terus berkembang dan membantu pengguna mereka mengembangkan jaringan mereka, namun jaringan di mana Anda bisa mendapatkan orang-orang yang memiliki minat yang sama, berdiskusi tentang hal-hal yang relevan dengan apa yang Anda kerjakan lah yang akan menarik Anda untuk ikut berpartisipasi.

Jaringan sosial mana yang sudah Anda ikuti atau bangun?

Tulisan ini bisa Anda baca juga di Socialissimo.info

Foto: 10ch

Abang Edwin SA

View Profile

Multimedia

marketeers quote of the day

"Persaingan di perbankan Indonesia sangat ketat. Kalau bank tidak berinovasi, pasti akan ketinggalan."

-Abdul Rachman, Direktur PT Bank Mandiri, Tbk-