This text will be replaced. Streaming solutions by Primcast - Shoutcast hosting, Flash Streaming
Marketeers, Friday,April 18 2014

Youth StartUp Icon 2013

Kembangkan Singkong untuk Mensejahterakan Desa

May 23 2013 | By Eko Adiwaluyo
Anak muda terjun berkebun singkong, mengapa tidak? Memang, di masa kini anak muda yang mau menjadi petani jumlahnya menurun drastis. Menjadi professional di berbagai perusahaan besar adalah keiinginan sebagian besar anak muda sekarang. Kalau pun bila berwiraswasta pilihannya jatuh pada usaha-usaha yang “keren” yang mengikuti gaya hidup anak muda sekarang.

Reza Prawira Kusumah berbeda. Ia “memilih” kebun singkong untuk mengaktualisasi semangat mudanya. Cerita tentang pria ini bisa menjadi inspirasi jutaan orang muda kita yang hidup di negeri agraris ini.  Berikut petikan kisah anak muda Sumedang ini kepada Marketeers dalam rangka audisi Marketeers Youth StartUp Icon 2013:

Ceritakan sedikit tentang latar belakang bisnis yang baru Anda rintis dan pencapaian yang sudah dicapai?

Pada awalnya saya memiliki cita-cita untuk bekebun. Karena sewaktu kecil game kesayangan saya di Playstation1 adalah Harvest Moon. Ketika saya pulang kampung ke Sumedang, saya mencoba merealisasikan cita-cita saya tersebut. Dan saya melihat ada peluang pada singkong untuk dijadikan komoditi berkebun. Selain itu saya ingin mensejahterakan kampung halaman saya. Kakek saya pernah berkata jika desa kuat, maka negara kuat pula.

Apa yang telah Anda lakukan dalam mengangkat perekonomian daerah Anda?

Menciptakan lapangan pekerjaan yang berujung pada mencegah urbanisasi. Menjaga ekologi dengan mengajarkan para petani untuk menjaga dan melestarikan alam sekitarnya. Jika alam lestari, maka para petani pun dapat terus melangsungkan usaha berkebunnya.

Apa motivasi Anda dalam mengikuti kontes ini, dan kenapa Anda layak disebut sebagai ikon wirausaha muda di dunia startup dari kota Anda?

Motivasi saya yang utama adalah mendapatkan relasi dan link yang mendukung usaha saya. Dan lebih mengenalkan usaha saya pada banyak orang. Masalah layak atau tidak layak menjadi ikon wirausaha muda menurut saya bukan menjadi hal yang menjadi prioritas saya. Saya hanya ingin bermanfaat untuk sebanyak mungkin bagi orang lain dan lingkungan.

Eko Adiwaluyo

View Profile

Multimedia

marketeers quote of the day

Sometimes when you innovate, you make mistakes. It is best to admit them quickly, and get on with improving your other innovations.

-Steve Jobs-