This text will be replaced. Streaming solutions by Primcast - Shoutcast hosting, Flash Streaming
Marketeers, Friday,July 25 2014

Maestro

Kiat Jusuf Kalla Sambut ASEAN Economic Community 2015

April 18 2013 | By Darus Salam
Jusuf Kalla


Berbicara dalam forum Indonesian Young Leaders Forum 2013, Jusuf Kalla (JK) hadir dengan gayanya yang khas. "Apa yang perlu dikhawatirkan dari ASEAN Economic Community? Tidak ada. Sekitar 40 persen penduduk ASEAN ada di Indonesia. Sumber daya alam terbesar ASEAN juga ada di Indonesia," ujar JK.

Menurut JK, saat komunitas ekonomi ASEAN dibuka bukanlah orang Singapura atau Malaysia yang datang ke Indonesia. Secara natural justru hal sebaliknya yang akan terjadi. Ini bisa dilihat dari kasus Meksiko dan Amerika Serikat. Saat akses ke Amerika dibuka, bukan orang Amerika yang menyerbu Meksiko, justru orang Meksiko yang bondong-bondong masuk Amerika. "Jadi tidak perlu khawatir. Orang-orang Indonesia lah yang akan datang ke negara-negara ASEAN untuk jual sepatu, jual baju, dan lain sebagainya," ucap JK yang disambut tawa riuh hadirin.

Meski demikian, JK menyatakan perhatiannya terhadap kesiapan mental orang Indonesia. "Hal yang perlu dikhawatirkan adalah diri kita sendiri, bukan dari orang lain." Pengusaha Indonesia menurut JK harus memiliki mental usahawan yang baik dan jangan terburu-buru terjun ke politik. "Saya baru terjun ke politik setelah 35 tahun jadi pengusaha. Anda baru lima tahun jadi pengusaha sudah mau jadi politisi. Kalo begini siapa yang mau jadi pengusaha yang baik?"

Berkaitan dengan stabilitas nasional, JK mengatakan bahwa orang Indonesia adalah masyarakat yang paling mudah diatur, hanya saja cara menjelaskannya pada rakyat yang harus tepat. JK mencontohkan bahwa saat harus menaikkan harga BBM, Ia berusaha menjelaskannya dengan baik kepada masyarakat dan tentunya dengan timing yang pas. "Waktu itu kita pilih sepuluh hari sebelum Bulan Puasa karena saat itu orang mulai mengurangi aktivitasnya, termasuk soal memasak."

Lebih lanjut JK juga menjelaskan bahwa tidak ada bangsa yang dihormati tanpa ekonomi yang baik. "Coba lihat China, siapa yang tahu negara ini bertahun-tahun lalu? Tapi kini saat orang mengatakan China, maka semua orang jawab O...."

Darus Salam

View Profile

Multimedia

marketeers quote of the day

Matahari Departement Store merupakan satu-satunya departement store di Indonesia yang pelanggannya bisa menukar produk lintas toko, bahkan lintas toko di pulau yang berbeda."

-Endah Setyowati, Head of Customer Service Matahari Departement Store-