This text will be replaced. Streaming solutions by Primcast - Shoutcast hosting, Flash Streaming
Marketeers, Friday,April 18 2014

Tips

Kiat Perusahaan Membangun Ekonomi Hijau

November 04 2011 | By Sigit Kurniawan


Kesadaran lingkungan perusahaan diawali dari perubahan mindset dari pemangku kepentingan perusahaan tersebut. Lebih dalam dari sekadar kesadaran, ekonomi hijau harus menjadi visi dari perusahaan tersebut. "Langkah pertama dan mendasar adalah menjadikan green economy sebagai visi baru perusahaan. Bisnis  harus mempunyai mindset green di semua prosesnya," kata Haskar Lianus Pasang dari AES dalam diskusi panel rangkaian Green ICT Conference di Jakarta Convention Center.

Selanjutnya, sambung Haskar, visi tersebut diterjemahkan dalam sustainable excellence. Intinya, visi tersebut diimplementasikan pada seluruh proses bisnis, dari bahan baku,  transportasi, produk, distribusi, sampai penggunaan harus mempunyai nilai ramah lingkungan. Visi ini harus menjadi visi bersama dari seluruh tim perusahaan dan secara kontinu mengedukasi pelanggannya untuk turut mempraktikkan laku ramah lingkungan, khususnya terkait dengan penggunaan produk dan sebagainya.

"Semua proses harus memuat konsep green tersebut. Green di sini bukan melulu pada lingkungan, tapi juga menyangkut orang dan hak asasi manusianya," kata Haskar.

Haskar menambahkan perusahaan perlu membuat strategi iklim untuk mendukung ekonomui hijau ini. Langkahnya ada dua, yakni adaptasi dengan mengubah cara berbisnis dan mitigasi dengan cara mengurangi emisi karbon dan residu dari proses bisnisnya.

Sigit Kurniawan

Writer, Journalist, Free Thinker. Twitter: @sigit_kurniawan

View Profile

Multimedia

marketeers quote of the day

"Jadi, saat ini atau masa depan, tak mungkin era broadband tak dibutuhkan. Jadi, bukan seeing is believing, tapi believing is seeing."

-Muh. Awalluddin, Direktur Enterprise & Wholesale PT Telkom Indonesia, Tbk-