This text will be replaced. Streaming solutions by Primcast - Shoutcast hosting, Flash Streaming
Marketeers, Tuesday,July 29 2014

Marketeers & The City

Lifestyle Positioning ala W Singapore - Sentosa Cove

November 22 2012 | By Jaka Perdana


"Walau W Singapore - Sentosa Cove adalah hotel, tetapi kami tidak berjualan kamar," ujar Rosmalia Hardman, Sales and Director W Singapore Sentosa Cove. Hal itu diungkapkannya dalam Chief Marketing Officer (CMO) Gathering yang digelar di Keraton at the Plaza pada Kamis (22/11).

Dalam berbagai penjelasannya tentang bagaimana hotel yang baru diresmikan pada 16 September 2012 tersebut, Rosmalia menjelaskan perihal positioning hotelnya. W Singapore memosisikan dirinya bukah hanya sekedar tempat menginap, tetapi sebagai brand fashion, style, musik, dan desain, sehingga ke depannya hotel ini menjadi trend setter.

Berbagai kegiatan brand activation kemudian digelar 6 bulan sebelum hotel dibuka. Sebagai brand lifestyle trend setter, W Singapore merangkul para disk jockey terkenal untuk bekerjasama. Hotel kemudian didesain oleh para designer ternama, plus menggaet para ahli bar khususnya peracik cocktail terbaik.

Rosmalia kemudian menjelaskan 3 konsep brand activation-nya. Pertama adalah objective brand immersion, yang menjelaskan konsep W sebagai yang terbaik. Kedua adalah engage, menciptakan komunikasi dua arah dengan publik. Terakhir adalah brand reputation, tahap di mana ketika publik mulai mengenal dan membicarakan W Singapore.

Pesta kemudian menjadi acara wajib yang terus digelar dari menjelang pembukaan hingga beberapa hari setelah pembukaan. "Bahkan kami berani mengundang para jurnalis untuk berpesta ketika bangunan W Singapore masih dalam berbentuk struktur. Namun kami mengemasnya menjadi sebuah acara spesial sehingga para jurnalis senang dan W Singapore mulai dikenal publik," lanjut Rosmalia lagi.

Berbagai kegiatan brand activation W Singapore kemudian menuai hasil yang baik. Menurut Rosmalia, saat ini W Singapore selalu terisi penuh. Selain branding yang amat kuat, W Singapore memiliki lokasi strategis di wilayah Marina Bay. Selain akses ke pusat kota mudah, W Singapore menawarkan pemandangan indah ke arah pelabuhan.

"Dengan positioningnya tersebut, W Singapore bisa dikatakan sebagai hotel berkonsep 3.0. Tidak hanya sekedar menjual produk, tetapi menjual experience-nya juga. W Singapore ini bisa menyentuh hal mendasar dalam marketing modern, yaitu human spirit," kata CEO dan Founder MarkPlus, Inc. Hermawan Kartajaya.

Jaka Perdana

View Profile

Multimedia

marketeers quote of the day

Sehebat-hebatnya pemerintah, ia hanya membawa 1/4 perubahan. 1/4 lagi ada di bisnis, 1/4 lagi ada di civil society movement seperti ormas dan komunitas. Dan 1/4 lagi ada di media

-Ridwan Kamil, Walikota Bandung-