This text will be replaced. Streaming solutions by Primcast - Shoutcast hosting, Flash Streaming
Marketeers, Wednesday,April 23 2014

Trends & Observations

Lima Tren Digital Marketing yang Harus Diperhatikan (2)

August 11 2011 | By a.lussak

Dalam era digital sekarang ini, para pemasar harus kreatif memanfaatkan media digital. Semakin besar jumlah netizen dan orang melek teknologi membuat pemasaran digital menjadi semakin penting. Pemasar harus mampu menyentuh teknologi-teknologi yang digunakan oleh para konsumen. Sehingga kini, makin banyak perusahaan dan pemasar menggunakan pihak ketiga untuk melakukan aktivasi online mereka. Hal ini terjadi karena era brosur maupun rumah ke rumah sudah tidak efektif lagi. Sumber daya yang dikeluarkan untuk melakukan promosi offline ini tidak sebanding dengan pendapatan yang diperoleh.


 


Konsumen tidak lagi mencari informasi, sehingga perusahaan harus aktif “mendatangi” konsumen. Hingga kini, promo online melalui media sosial seperti Facebook masih menjadi andalan. Akan tetapi, terdapat 5 (lima) tren pemasaran digital yang dipercaya akan semakin berkembang di tahun depan.



Ilustrasi : http://static.libsyn.com/p/assets/3/e/6/e/3e6e3e50b4aedbac/podcast_badge_with_qr_code_to_libsyn_mob_site.001-001.jpg

3. QR Code


QR Code memang bukan merupakan sesuatu yang baru. Metode ini telah berkembang, dan semakin menjadi platform bisnis, sejak beberapa tahun lalu. Memang masih banyak orang belum mengenal atau memahami apa sebenarnya kegunaan QR Code ini. Akan tetapi, dalam beberapa tahun ke depan, QR Code akan menjadi platform yang berkembang pesat karena orang-orang semakin simple dan efficient.
Seperti yang dilakukan salah satu pusat perbelanjaan di daerah Semanggi, Jakarta. Daripada repot-repot memajang banyak promosi dan diskon, mereka lebih memilih memasang QR Code. Selain menyadari bahwa pelanggan akan bingung membaca begitu banyak promosi dalam satu poster, mal ini juga memahami pelanggan yang mana ingin membaca detail program promosi. Biasanya, pelanggan hanya sekedar lewat tanpa memperhatikan isi poster.




Seringkali juga, promosi dipajang besar-besar kemudian ternyata memiliki catatan kecil di bawahnya, yang mengecoh bahkan ternyata merugikan pelanggan. Hal ini tidak akan terjadi dengan penggunaan QR Code karena pelanggan dapat dengan santai membaca detail promosi, memperhatikan setiap syarat dan ketentuan yang ada.


 


Sudah jelas bukan, QR code ini menyentuh mind and heart konsumen, beradaptasi dengan keinginan konsumen. Selain itu, tingkat kepercayaan pelanggan pada perusahaan akan meningkat karena perusahaan berupaya memberikan informasi dengan jelas dan tidak mengecoh. Trust is being built!



Ilustrasi : http://professorjosh.files.wordpress.com/2010/08/qr-code-follow-me-twitter.jpg

4. Startups for Startups
Riset menunjukkan bahwa masyarakat kini semakin suka menjadi adopters, berusaha mengikuti tren yang (kemungkinan) akan berkembang. Mereka tidak ingin ketinggalan, harus berada dalam track perkembangan tren sosial. Hal ini membuat berbagai macam produk, terutama yang berhubungan dengan social media, mampu terus berkembang dengan pesat dan tetap mendapatkan pelanggan. Meskipun nampak jenuh, hal-hal baru ternyata tetap diterima masyarakat. Ini karena masyarakat ingin aktif di sebanyak mungkin social media platform agar tidak ketinggalan informasi dan teralineasi dari pergaulan.


 



Sehingga kemudian, perusahaan Anda harus menjadi startup bagi sebuah program startup. Anda harus menciptakan sebuah tren baru dalam kategori produk yang Anda geluti, memasarkannya melalui media digital. Merupakan salah satu prinsip klasik bukan, yang pertama akan selalu diingat! Menjadi yang pertama dalam sebuah produk/varian yang pertama ada, akan memastikan perusahaan Anda menyentuh mind and heart konsumen, juga mendahului kompetitor dalam berinovasi merebut pasar.


 


*Referensi : http://mashable.com/2011/03/15/digital-marketing-trends/

a.lussak

View Profile

Multimedia

marketeers quote of the day

"Co-opetition adalah seni. Levelnya di atas kompetisi maupun akuisisi."

-Hasnul Suhaimi, Presdir PT XL Axiata-