This text will be replaced. Streaming solutions by Primcast - Shoutcast hosting, Flash Streaming
Marketeers, Sunday,April 20 2014

Main Story

Majalah Marketeers Mei 2013: Indonesia Mencari Joko

April 26 2013 | By Waizly Darwin
Cover Majalah Marketeers edisi May 2013


Suatu hari saya di Bandara, hendak bertolak ke Surabaya. Di pintu masuk Terminal 1 ketika hendak check-in, Jokowi bareng mengantri tepat di depan saya.

Saya tidak yakin kalau itu beliau. Maklum Jokowi bukan seperti Walikota atau pejabat daerah umumnya yang tampil seperti si tuan polan. Ketika itu Jokowi sendirian, menenteng tas, memakai batik, tanpa pengawalan asisten atau bouncer. Ia seorang Walikota yang tampil santai seperti “average joe” ¾kalau orang Amerika bilang¾atau "Mas Joko" biasa yang kita jumpa di jalan, di warung, atau di tempat tongkrongan.

Meskipun tidak yakin, saya tetap sapa beliau dan bilang "Apa kabar pak? Saya Waizly dari MarkPlus." "Baik mas" jawabnya. Saya pun langsung teringat untuk mengapresiasi pemikirannya tentang masalah "Marketing Jakarta" yang saya baca di salah satu portal berita beberapa hari sebelumnya.

"Pak, saya suka komentar bapak tempo hari, bahwa Jakarta harus lebih baik dalam mengelola brand, product, dan customer-nya." Apresiasi itu saya lontarkan kepadanya dalam kondisi di mana saya masih tidak yakin itu Jokowi betulan. Mungkin saja itu orang yang mirip Jokowi.

Beliau pun mengatakan "Ya, itukan saya belajarnya juga dari MarkPlus." Wow! Sampai akhirnya saya ke boarding lounge dan melihat ada dua orang yang mengajaknya berfoto bersama, baru saya percaya kalau itu betul-betul Jokowi.

Setelah menjabat jadi Gubernur DKI Jakarta, tidak ada yang berubah dari seorang Jokowi. Ia tetap tampil horisontal dan membaur dengan masyarakat. Di acara MarkPlus Conference 2013 Desember lalu contohnya, Jokowi tiba-tiba menyempatkan diri hadir di tengah peserta dan tanpa pengawalan khusus. Di konser musik rock, Jokowi yang memang penggemar, juga sering terlihat hadir di tengah penonton.

“Sekarang adalah era horizontal. Pejabat jangan hanya eksklusif dengan sesama pejabat, tetapi juga harus bergaul dengan masyarakat,” katanya dalam satu diskusi bulan Maret 2013 lalu yang sempat disiarkan langsung di Marketeers Radio.

Banyak yang membandingkan Jokowi dengan Obama sang pembawa harapan dan pembaharuan. Makanya ide cover Marketeers edisi kali ini juga diinspirasi oleh salah satu ilustrasi kampanye Hope-nya Obama, yang didandani seperti David Bowie di cover albumnya Aladdin Sane (1973).

Mengambil tema khusus Jokowi: Rocking Jakarta's Potential, edisi khusus ini terbit bertepatan dengan Jakarta Marketing Week (JMW) 2013.  Diadakan oleh MarkPlus, Inc, selama sepekan 29 April - 5 Mei 2013, acara ini digunakan sebagai platform untuk mengumpulkan aspirasi dari berbagai kalangan pemerintahan, industri, bisnis, influencers Youth/Women/Netizen, untuk Jakarta yang lebih baik.

Edisi Mei 2013 ini bertepatan pula dengan Indonesia Marketeers Festival 2013 yang diselenggarakan dalam bentuk roadshow ke 16 Kota hingga awal Juli nanti. Tujuannya adalah untuk membawa pesan kepada marketing enthusiasts di berbagai daerah di Indonesia bahwa lanskap pemasaran kian berubah dan para pemasar dituntut untuk bisa lebih horisontal, inklusif, dan sosial.

Indonesia perlu Mas Joko - Mas Joko baru seperti Jokowi.

Ditulis oleh Waizly Darwin (Chief Operations, Majalah Marketeers)

 

Waizly Darwin

Marketeers, Milan, and Music

View Profile

Multimedia

marketeers quote of the day

Kesadaran masyarakat akan investasi masih kurang. Mungkin banyak orang tahu kapan dan tentang pensiun. Tetapi, mereka jarang yang tahu bagaimana caranya berinvestasi di masa pensiun tersebut"

-Teddy Atmadja, Vice President Wealth Management & Investment PT BNI-