This text will be replaced. Streaming solutions by Primcast - Shoutcast hosting, Flash Streaming
Marketeers, Saturday,October 25 2014

Main Story

Mau Tingkatkan Market Share? Ini Tips Dari Kotler

March 18 2013 | By Waizly Darwin
Philip Kotler Bersama Hermawan Kartajaya


Ada banyak cara untuk sebuah perusahaan bisa tumbuh di pasar. Untuk mendongkrak market share, Kotler membeberkan resep mujarabnya.

"Ada banyak cara kok, bisa lewat Iklan, turunkan harga, tingkatkan distribusi. Anda juga bisa tingkatkan fitur, packaging dan lini produk, atau perbaiki servis" katanya dalam World Class Seminar Series di Jakarta.

Namun yang paling penting menurut Kotler adalah untuk terus berinovasi dan cerdik dalam melihat peluang pasar. Karena dengan berinovasi perusahaan bisa mendongkrak bukan saja market share, namun juga profitablity.

Kotler memberikan contoh kasus para  hidden champions yang merupakan jawara pasar global yang merajai market share di atas 80% di dunia. Rata-rata perusahaan ini adalah perusahaan yang high profit - high performing karena memang inovatif.

"Para hidden champions ini mungkin kurang didengar namanya. Tapi mereka raja di dunia karena berhasil memasarkan produk atau servis yang unik dan niche" ujarnya.

Contoh perusahaan ini antara lain adalah Ulvac, yang memiliki 100% pangsa pasar LCD panel coating di dunia. "Ada lagi Gerriets, yang kini menguasai 89% pasar dunia kain korden untuk teater dan alat-alat panggung untuk teater" kata Kotler.

Waizly Darwin

Marketeers, Milan, and Music

View Profile

Multimedia

marketeers quote of the day

"Semangat kami adalah tumbuh bersama customer. Bila mereka tumbuh, kami pun secara otomatis akan tumbuh"

-Margono Tanuwijaya, Marketing Director PT Astra Honda Motor-