This text will be replaced. Streaming solutions by Primcast - Shoutcast hosting, Flash Streaming
Marketeers, Tuesday,September 02 2014

Marketing Knowledge

Mayoritas Rakyat Indonesia Belum Siapkan Pensiun Dengan Matang

April 02 2013 | By Hendra Soeprajitno


Sebagian besar dari Anda tentunya mengaku telah menyiapkan sejumlah instrumen investasi dalam menyambut masa pensiun. Namun, Manulife Investor Sentiment Index (MSI), sebuah survei yang dilakukan oleh Manulife Financial mengatakan bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia belum mempersiapkan masa pensiun secara matang.

Survei MSI itu menyebutkan bahwa sebagian besar, atau sekitar 68% responden mengatakan bakal bertumpu pada tabungan atau deposito ketika masa pensiun tiba. Tak berhenti di situ, bahkan sekitar 53% mengatakan bakal menghadapi masa pensiun dengan cara hidup berhemat. “Padahal return yang diberikan tabungan tidak besar, bahkan bisa negatif jika angka inflasi terus naik,” kata Putut Andanawarih, Director of Business Development PT Manulife Aset Manajemen Indonesia.

Sebuah fakta lain yang menarik, selain mengandalkan dana investasi yang ditempatkan para instrumen investasi konservatif, tercatat ada 13% responden yang bakal mengandalkan masa pensiun dengan menggantungkan diri pada sang anak atau keluarga lainnya. “Padahal kondisi itu tentunya akan menambah beban sang anak,” kata Putut.

Apakah Anda sudah memperhitungkan masa pensiun dengan cermat?

Hendra Soeprajitno

View Profile

Multimedia

marketeers quote of the day

Keep love in your heart. A life without it is like a sunless garden when the flowers are dead.

-Oscar Wilde-