This text will be replaced. Streaming solutions by Primcast - Shoutcast hosting, Flash Streaming
Marketeers, Thursday,July 24 2014

Main Story

Memahami Suara Netizen Indonesia

October 30 2012 | By
Jangan pernah ragukan jiwa nasionalisme kaum Netizen bagi negaranya. Di Afrika Utara dan Timur Tengah kita sudah sama-sama saksikan kehebatan mereka menumpas rezim diktator yang berkuasa.

Di Korea, kita sudah lihat bagaimana bakti seorang Psy yang mendadak jadi orang nomor satu yang memasarkan Korea Selatan ke dunia, lewat kehebatan Gangnam Style-nya yang kini sudah ditonton lebih dari 500 juta orang di YouTube.

Di Indonesia, netizen-nya lebih sangar lagi. Sudah banyak kasusnya mulai dari menggalang aksi sosial, memasarkan atlet-atlet Indonesia lewat trending topic di Twitter hingga memaksa presiden keluar dari 'persembunyiannya.'

Juga yang tak kalah serunya adalah mengikuti drama kancah politik di saat musim pilkada, seperti yang Foke vs Jokowi kemarin.

Kita bisa lihat bagaimana orang-orang di dunia marketing politik sudah mulai melihat kekuatan netizen perlu dipegang untuk membangun ikatan batin antara kandidat dan pemilih. Ada yang mencobanya dengan cara vertikal, ada yang dengan pendekatan horisontal.

Riset terbaru MarkPlus Insight tentang Indonesia Netizen Survey 2012 memberikan gambaran peta demografi pengguna Internet di Indonesia, perilaku dan kebiasaan mereka lakukan di dunia online, bagaimana perilaku mereka dalam berbelanja, hingga merek-merek yang mereka pilih dan gunakan.

Riset ini penting bagi setiap pemasar, apakah Anda pemasar produk hingga pemasar partai politik, agar paham mengenai wajah masyarakat Indonesia yang semakin horisontal, inclusive, dan social ini karena ikut arus internetisasi.

Suara netizen memang suara hati, apakah itu menyuarakan aspirasi atau kegalauan. Terkadang bisa jadi suara sesaat atau suara sesat. Mereka memang bisa terkadang liar, dapat bicara apa saja tentang Anda, dan makanya memahami para netizen adalah kunci memenangkan pertempuran heart-share. Jika Anda dicintai, Anda akan dibela. Jika Anda dibenci, mereka akan benci sekali.

Seperti apa detail hasil surveinya? Simak di Majalah Marketeers edisi November 2012!

-----

Editor's Note ditulis oleh Waizly Darwin (Chief Operations, Marketeers Media Fleet)

writer, blogger, journalist, social media lover

View Profile

Multimedia

marketeers quote of the day

Matahari Departement Store merupakan satu-satunya departement store di Indonesia yang pelanggannya bisa menukar produk lintas toko, bahkan lintas toko di pulau yang berbeda."

-Endah Setyowati, Head of Customer Service Matahari Departement Store-