This text will be replaced. Streaming solutions by Primcast - Shoutcast hosting, Flash Streaming
Marketeers, Thursday,July 24 2014

Youth StartUp Icon 2013

Merintis Bisnis Sup Buah Quldi

June 17 2013 | By Sigit Kurniawan
Sumber ilustrasi: http://4.bp.blogspot.com/


Tanpa kerja keras, mungkin Muammar Qadafi tidak bisa membesarkan bisnis sup buah quldinya seperti sekarang. Saat ini, bisnissop buah quldi memiliki kurang lebih 70 karyawan di 53 outlet di Indonesia dan 8 orang di kantor Sop Buah Quldi. Bagaimana Qadafi membesut bisnis dari awal sampai sekarang ini? Simak penuturannya dalam rangka Marketeers Youth Startup Icon 2013 berikut ini:

Ceritakan sedikit tentang latar belakang bisnis yang baru Anda rintis dan pencapaian yang sudah didapati selama ini?

 

Bisnis sop buah quldi tercetus ketika sop buah lagi merambah kota Balikpapan sehingga saya ingin menciptakan suatu produk minuman yang berbeda dari yang lainnya. Kenapa berbeda? Karena di setiap kata sop di mana – mana sama begitu pula dengan  makanan dan minuman tersebut seperti bakso dan sate, sop buah dapat diterima di masyarakat.

Pada tahun 2012 sop buah ngetren  di Balikpapan. Saya membuat bisnis yang dapat mengikuti dan mengambil moment bisnis sop buah di Balikpapan. Saya ingin di tengah keramaian pedagang sop buah , sop buah quldi tetap terlihat menonjol dan berbeda, apabila di tengah kerumunan pedangang sop buah berbaju putih saya harus masuk dengan memakai baju merah agar terlihat dan nampak berbeda.

Awal mulanya saya tidak terjun menciptakan sop buah quldi. Tapi seperti biasa saya ketika memulai bisnis, mengusahakan modal terkecil bahkan sampai nol rupiah. Ketika saya ingin terlihat berbeda tercetuslah nama SOP BUAH QULDI karena menurut saya nama Quldi akan menimbulkan pemikiran, tanda Tanya dan rasa penasaran bagi seluruh orang di dunia dari bentuk dan rasa nya, setelah itu saya mulai dengan mengetes pangsa pasar dengan memasang status di BBM, Ketika itu banyak orang yang merespons “SOP BUAH QULDI MAKNYOS “. Ketika itu saya kaget dengan respons teman – teman yang ada di bbm, penasaran bertanya dan menanyakan di mana jualnya, dan bagaimana bentuk dan rasanya. Banyak pertanyaan yang lucu dan meninggalkan tanda tanya. Saya berfikir nama sop buah quldi ini dapat diterima di masyarakat karena respons sangat banyak tetapi saya tetap memberikan rasa penasaran. Karena pada waktu itu saya pun tidak tau rasa dan komposisi Sop Buah Quldi. Saya mengatakan di status BBM yang mau order sop buah quldi sekarang stoknya terbatas, akhirnya banyak yang mengorder sekitar hampir 200 cup karna mewajibkan karena saya mewajibkan perorang pesan 3 cup. Tetapi ketika mereka sudah mengorder saya sengaja mengecewakan mereka dengan mengatakan stok habis, pemikiran saya agar mereka lebih penasaran lagi.

Hari kedua dan ketiga saya tetap mengulangi strategi marketing saya di bbm. Hari keempat ada teman saya yang menelepon memesan sop buah quldi sambil menangis, dia mengatakan sudah order 3 hari menunggu, karena dia sedang hamil. Saya berfikir komposisi apa yang harus saya racik sop buah quldi ini karena saya bingung oleh pesanan teman yang menelpon dan dalam keadaan menangis dan hamil. Setelah itu saya menuju ke tempat teman saya yang kebetulan adalah supplier buah – buahan.

Pada saat itu saya hanya mendapatkan 3 jenis buah, yakni kelapa, nangka, alpukat dari teman saya itu, tetapi berfikir ingin menghubungkan komposisi buah dengan nama sop buah quldi saya berkonsep kearah timur tengah.

Karena kita mengetahui sejarah buah quldi itu dimana peristiwa nabi adam dikeluarkan dari surga karna buah quldi yang dilarang, ketika itu saya berfikir harus menambahkan komposisinya dengan kurma dan kismis. Disaat itu juga saya meluncur ke asrama haji untuk mencari kurma dan kismis, tetapi tidak ketemu, puter –puter di pasar tidak ada. Akhirnya saya pulang, ketika itu juga teman saya yang tadi memesan datang sambil menagis dan marah – marahakhirnya saya menyuruh dia pulang dan nanti sore diantar. Akhirnya saya mulai meracik dan akhirnya didapatlah komposisi dari sop buah quldi tersebut. Dengan komposisi kelapa, nangka, kurma, kismis dan alpukat dengan menambahkan susu ndan air gula racikan yang dibuat oleh teman saya . sangking tertekannya saya karena di telpon terus saya sampai tidak sempat untuk mencicipi racikan sop buah quldi yang saya buat , dan saya pun langsung mengantar ketempat teman saya . setelah itu saya pulang dan langsung menanyakan lewat BBM bagaimana rasa sop buah quldi nya ? akhirnya dia pun menjawab segar, enak, mantap. Lalu saya menyuruh dia untuk memasang status di bbm Sop Buah Quldi enak, maknyos , segar .akhirnya banyak yang memesan dan langsung menginvite pin BB saya untuk mengorder Sop Buah Quldi. Keesokan harinya saya tetap dengan strategi marketing saya dimana ada pasaran dan keramaian disitulah tercipta penjualan yang melimpah ruah. Akhirnya saya mewajibkan siapa yang ingin mendapatkan Sop Buah Quldi harus memesan lewat BBM, FB, Twitter. Dan minimal pemesanan adalah 3 cup dan wajib memasang status sop buah quldi enak, mankyos dan segar, padahal mereka belum pernah mencicipinya.

Mulai saat itu sekitar 100 cup/hari . dan makin hari makin banyak penggemar dari sop buah quldi sendiri. Saat itu juga mulai banyak orang yang tertarik untuk menjalin kerjasama menjadi mitra sop buah quldi padahal saat itu kami belum mempunyai outlet , logo dan desain. Pada saat itu saya berfikir untuk membuat desai logo dan booth (gerobak) . mengarah ke konsep jadilah desain logo dan booth dengan modal Rp 200.000 yang saya dapat dari hasil pejualan saya satu hari.

Banyak yang menawarkan diri untuk menjadi mitra dan mengorder paket kemitraan itu sendiri. Alhamdulillah dalam waktu 1 tahun 3 bulan sop buah quldi sudah memiliki 53 outlet di seluruh Indonesia. Pada  Juni ini,  kami sedang mempersiapkan opening di beberapa kota di Indonesia yaitu Sangata, Berau, Tarakan, Jambi, Pakalambun, Pontianak, Bogor, Bandung, dan Bekasi.  Sekarang,  kami sedang menjajal konsep  baru,  yaitu Resto sop buah quldi  dengan tagline  “ONE STOP SHOPPING”. Di sini, saya menjual  juga minuman  dan makanan bercitarasa Timur Tengah.

Apa yang telah Anda lakukan dalam mengangkat perekonomian daerah  Anda?

Saya sangat bersyukur saya bisa mengangkat perekonomian daerah dengan menciptakan lapangan pekerjaan baru dan mengurangi angka pengangguran selain itu kami juga membayar pajak perusahaan. Saat ini sop buah quldi memiliki kurang lebih 70 karyawan di 53 outlet di Indonesia dan 8 orang di kantor Sop Buah Quldi.

Apa motivasi Anda dalam mengikuti kontes ini, dan kenapa Anda layak disebut sebagai  ikon wirausaha muda di dunia startup dari kota Anda?

Motivasi saya dalam mengikuti kontes ini dan layak menjadi icon usaha muda karena dalam 2 tahun terakhir ini saya melakukan hijrah yang cukup mengejutkan teman – teman dan lingkungan keluarga, karena diusia saya saat ini saya focus merintis usaha saya dari awal dan sampai saat ini. Saya juga ingin memberikan motivasi dan gambaran kepada pemuda dan pemudi bahwa kita bisa bangkit dan inilah saya yang sebagaimana dulunya adalah seorang yang sempat mengikuti keterburukan pergaulan yang sebagaimana kita tahu saat ini banyak pemuda dan pemudi yang menghabiskan waktunya untuk bersenang – senang seperti minum – minuman keras, narkoba maupun freesex. Saya juga ingin mengajak pemuda dan pemudi untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru bukan untuk mencari pekerjaan.

Sigit Kurniawan

Writer, Journalist, Free Thinker. Twitter: @sigit_kurniawan

View Profile

Multimedia

marketeers quote of the day

"Persaingan di perbankan Indonesia sangat ketat. Kalau bank tidak berinovasi, pasti akan ketinggalan."

-Abdul Rachman, Direktur PT Bank Mandiri, Tbk-