This text will be replaced. Streaming solutions by Primcast - Shoutcast hosting, Flash Streaming
Marketeers, Wednesday,October 22 2014

Marketing Reviews

One Heart Honda

September 26 2010 | By Irvan Irawan Jie
Sudah lihat iklan baru Honda? Yang ada Nidji sama Agnes Monica nyanyi lagu “One Heart”? Hari ini saya lihat lagi iklannya satu halaman di Kompas (27 September), lalu saya iseng-iseng nyari apa sih “One Heart” nya Honda.

Akhirnya dapat jawabannya dari sebuah majalah otomotif online, ternyata “One Heart” adalah tagline baru bagi Honda untuk menggantikan taglinenya yang lama “Bagaimanapun Juga, Honda Lebih Unggul.” Menurut VP AHM Johannes Loman later belakang dari lahirnya tagline “One Heart” ini adalah karena Honda dan para konsumennya telah saling menginspirasi dalam mewujudkan mimpi dan bersama-sama menaklukkan tantangan dah kesadaran terhadap kebersamaan itulah yang melatarbelakangi tagline “One Heart,” atau satu hati meraih mimpi. Tidak dijelaskan memang mimpi apa yang dimiliki Honda dan konsumennya, tapi toh itu tetap sebuah tagline yang baik.

Pak Johannes Loman juga mengatakan bahwa dengan tagline baru ini Honda berkomitmen untuk terus maju bersama mewujudkan sesuatu yang menjadi harapan dan tujuan dalam kehidupan setiap masyarakat. Keunggulan dan nilai lebih Honda yang akan diusung terletak pada teknologi yang advance, memenuhi gaya hidup, hemat bahan bakar, ramah lingkungan, dan safety diyakini akan semakin membuat Honda menyatu dengan keinginan pengguna sepeda motor.

Di post tentang Geert-Hofstede Cultural Dimension saya pernah menjelaskan bahwa orang Indonesia itu suka dengan sebuah kelompok dan mempunyai komitment yang sangat besar terhadap kelompok yang diikutinya, karena itu orang Indonesia individualismenya sangat rendah. Jadi tagline dan iklan “One Heart” ini sangat cocok untuk digunakan di Indonesia. Setidak-tidaknya para konsumen Honda bisa merasakan menjadi sebuah komunitas yang besar yang mempunyai satu hati.

Lagu “One Heart” sungguh catchy, dan saya tidak tahu apakah lagu ini akan dimasukkan dalam album Nidji / Agnes Monica, yang pasti kalau saya pengguna Honda pasti saya akan mencari lagunya untuk di dengarkan secara full version.
Lalu bagaimana kira-kira Honda mengabungkan komunitas-komunitasnya, ketika saya search tentang iklan ini di mbah Google, ternyata Honda memiliki sebuah website www.welovehonda.com, yang mempunyai daftar-daftar komunitas Honda di seluruh negeri ini. Dan bagi yang mempunyai rasa penasaran tentang bagaimana iklan “One Heart” dibuat, maka di galerinya juga ada foto-foto behind the scenes pembuatan iklan tersebut.

Bagaimana dengan Nidji dan Agnes? Saya rasa itu cuma pemanis saja  untuk menggambarkan karakter pengguna Honda yaitu berjiwa muda, pribadi yang ceria, berpikir positif, memiliki lifestyle, dan menghargai sesama.

Any other thoughts?

Irvan Irawan Jie

An ENTP, Sanguine Phlegmatic kind of a guy :)

View Profile

Multimedia

marketeers quote of the day

"Semangat kami adalah tumbuh bersama customer. Bila mereka tumbuh, kami pun secara otomatis akan tumbuh"

-Margono Tanuwijaya, Marketing Director PT Astra Honda Motor-