This text will be replaced. Streaming solutions by Primcast - Shoutcast hosting, Flash Streaming
Marketeers, Wednesday,April 23 2014

Movement

Paradigma Baru Persaingan di Industri Otomotif

May 03 2012 | By Marketeers
Era adu cepat dalam inovasi produk di industri otomotif, khususnya roda empat sudah bukan hal utama lagi. Persaingan harga tampaknya juga sudah kurang relevan. Sekarang ini, pertarungan sudah bergeser ke ranah after sales service. Bahkan, produsen yang bisa memberikan lebih dari sekadar service- lah yang akan menjadi pemenang.

Mengacu pada New Wave Marketing, rumusan untuk tidak hanya sebatas memberikan service dirangkum dalam elemen Caring. Elemen ini memberikan acuan bahwa layanan diberikan tidak hanya yang diminta oleh pelanggan. Lebih dari itu, layanan yang tidak terpikir oleh konsumen pun harus diberikan. Bisa dikatakan hal inilah yang menjadi salah satu kunci sukses Toyota Astra Motor memimpin pasar otomotif di Indonesia.

Menurut Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor, pentingnya memberikan layanan yang lebih untuk pelanggan posisinya sudah menyamai core business dari industri otomotif itu sendiri. Menjadikan pula industri ini sedikit demi sedikit akan bergeser menjadi service industry. “Hal ini tidak bisa ditawar lagi dalam dunia otomotif. Bukan lagi sekadar menjual alat transportasi, tapi juga layanan yang excellent,” katanya di sela-sela acara Jakarta CMO Club.
Dengan kata lain persaingan di masa depan akan lebih sengit di ranah Caring. Bagi produsen yang tidak mampu menciptakan budaya lambat laun pun akan ditinggal oleh konsumen. Sebaliknya, dengan bermodal Caring, setiap produsen punya kesempatan yang sama untuk meraih pangsa pasar sebanyak-banyaknya.

Penulis: Ig. Eko Adiwaluyo

Marketeers

Editorial team of Marketeers Media Fleet (media unit of MarkPlus, Inc). Follow our Twitter @the_marketeers

View Profile

Multimedia

marketeers quote of the day

Matahari Departement Store merupakan satu-satunya departement store di Indonesia yang pelanggannya bisa menukar produk lintas toko, bahkan lintas toko di pulau yang berbeda."

-Endah Setyowati, Head of Customer Service Matahari Departement Store-