This text will be replaced. Streaming solutions by Primcast - Shoutcast hosting, Flash Streaming
Marketeers, Thursday,April 24 2014

Movement

Pasar Smartphone Asia Tenggara Tumbuh 61%

May 21 2013 | By Eko Adiwaluyo
Pertumbuhan penjualan telepon seluler yang tinggi kembali terjadi di Asia Tenggara. Kawasan ini, dalam 12 bulan terakhir menunjukkan peningkatan 14% dalam value dan 8% dalam unit. Penuruan pada permintaan feature phone tergantikan oleh peningkatan penjualan smartphone.

Menurut GfK, penjualan smartphone naik 61% dalam 12 bulan terakhir yang berakhir Maret. Mencapai 42,2 juta unit atau  16 juta lebih banyak dibanding tahun lalu. Tersebar di beberapa negara, seperti Singapura, Malaysia, Indonesia, Vietnam, Filiphina, Thailand, dan Kamboja. “Kawasan Asia Tenggara yang pada umumnya negara berkembang,  penjualan smartphone tumbuh secara eksponensial. Ini merupakan pergeseran dari penggunaan featurephone ke smartphone. Tahun lalu, dalam tiga telepon seluler yang terjual di kawasan ini, salah satunya adalah smartphone,”kata Gerard Tan, Account Director for Digital World at GfK Asia.

Sebagai negara dengan penduduk terbanyak keempat di dunia, tidak disangsikan bahwa Indonesia adalah penyumbang terbesar penjualan di kawasan ini, baik dalam sales  revenue dan volume.  Di Indonesia, smarphone tumbuh 37% atau mencapai 15,8 juta unit. “Pertumbuhan di kawasan ini utamanya didukung oleh harga smartphone yang terjangkau, antara USD 100-200. Di samping itu, kemunculan merek lokal di Filiphina dan Indonesia dengan harga antara USD 50-100 telah menumbuhkan permintaan pada smartphone. Selain itu, menjadi pemicu pergerseran dari featurephone ke smartphone,”tambah Tan.

Ada dua pertimbangan dalam hal fitur yang menjadi daya tarik konsumen di kawasan ini. Kedua fitur ini menjadi penentu dalam membeli smartphone, yaitu display size dan operating system. Pasar untuk layar 4,5 inci dan di atasnya menguasai sekitar 20% dari total penjualan. Permintaan smartphone dengan layar lebih lebar juga bertambah besar. edangkan untuk operating system, Android masih mendominasi. Sekitar tujuh dari sepuluh smartphone menggunakan Android.

Eko Adiwaluyo

View Profile

Multimedia

marketeers quote of the day

"Pengalaman menggarap pasar nasional, menjadi bekal utama bagi kami menggarap pasar Internasional."

-Honesti Basyir, Direktur Keuangan PT Telkom Indonesia, Tbk-