This text will be replaced. Streaming solutions by Primcast - Shoutcast hosting, Flash Streaming
Marketeers, Friday,April 18 2014

Manifesto

Praktik Green Banking (III- Selesai)

August 16 2011 | By Sigit Kurniawan


Sementara itu, benefit praktik green banking menurut Aviliani, antara lain bank bisa memberikan sumber pembiayaan yang murah bagi para debitur yang berwawasan lingkungan, bunga, mengurangi kendala produksi debitur, kontinuitas usaha lebih terjamin, memberi fasilitas kredit ke UKM, dan bunga bisa ditekan rendah sehingga portofolio kredit bank lebih sehat.

Selain itu, peran perbankan pada persoalan lingkungan ini mendesak dibutuhkan mengingat keterbatasan dana pemerintah untuk pengelolaan lingkungan hidup. Aviliani mengatakan selama periode 2005-2010, porsi bujet untuk lingkungan rata-rata Rp 4, 783 triliun – lebih rendah dibanding porsi belanja lainnya. Pada periode yang sama, lingkungan hidup mendapat rata-rata 0,85 persen per tahun dari belanja pemerintah pusat. Angka tertinggi dialokasikan untuk pelayanan umum—disusul pendidikan sebesar 10, 18 persen  dan belanja ekonomi sebesar 8, 11 persen. Sebab itu, peran perbankan ini bisa menjawab problem keuangan yang menimpa program-program pelestarian lingkungan.

Aviliani menyebut ada empat program penting untuk pelaksanaan green banking di Indonesia ini. Pertama, menyiapkan perangkat hukum yang menghasilkan peraturan BI tentang green banking—termasuk pedoman pelaksanaannya. Kedua, penyediaan informasi terkait dengan pedoman maupun informasi kepatuhan nasabah pada pelestarian lingkungan.  Ketiga, menggelar edukasi dan sosialisasi, seperti manajemen risiko dan sebagainya. Keempat, riset yang menghasilkan naskah akademis tentang green banking.

Menurut saya, langkah green banking ini harus dimulai dari dalam bank itu sendiri. Maksudnya, seluruh proses perbankan benar-benar mengusung konsep ramah lingkungan, seperti operasional yang meminimalisir kertas (paperless), menekan  konsumsi energi (listrik), penggunaan energi alternatif, peduli pada masyarakat dan lingkungan hidup sekitar bank itu didirikan, dan sebagainya. Dengan kata lain , bank harus menjadikan dirinya berkarater . Bank yang suka main tipu pada nasabahnya tidak akan digagas. Kepedulian pada people dan planet menjadi syarat mutlak.

Kampanye pelestarian lingkungan seperti yang dicontohkan DuPont sebagai inovator, Wal-Mart sebagai investor, maupun Timberland sebagai propagator di atas bisa dijalankan dalam konteks Indonesia.  Dengan begitu, praktik ini tidak sekadar latah mengikuti tren kampanye lingkungan melainkan lahir dari kesadaran pentingnya kelestarian lingkungan demi kelestarian bisnis itu sendiri.

Sigit Kurniawan

Writer, Journalist, Free Thinker. Twitter: @sigit_kurniawan

View Profile

Multimedia

marketeers quote of the day

"Co-opetition adalah seni. Levelnya di atas kompetisi maupun akuisisi."

-Hasnul Suhaimi, Presdir PT XL Axiata-