This text will be replaced. Streaming solutions by Primcast - Shoutcast hosting, Flash Streaming
Marketeers, Sunday,April 20 2014

Manifesto

Riset Pasar untuk Memahami Perilaku Konsumen

April 05 2012 | By Edwin Hardi


Riset pemasaran adalah suatu peralatan yang dapat digunakan perusahaan untuk mencari tahu bagaimana hubungan antara perusahaan dengan target pasarnya. Bila dilakukan dengan baik, riset dapat memberikan informasi apakah produk dan layanan yang disediakan perusahaan telah memuaskan konsumennya atau tidak. Dengan riset, perusahaan dibantu untuk memahami perilaku konsumen. Dengan informasi ini, perusahaan dapat mengetahui apa yang sebaiknya perlu dilakukan ke depan.

Perusaaan juga dapat melakukan analisa pada peluang di pasar, hambatan yang ada lingkungan kompetisi, dan hal-hal yang dapat dilakukan agar dapat melayani konsumen lebih baik lagi. Kebutuhan konsumen akan barang tertentu berkaitan dengan gaya hidup dan faktor ekonomi, dengan riset perusahaan dapat mengenali konsumennya dengan lebih jelas lagi baik dari aspek geografis, demografis, perilaku, psikologis, dan aspek lainnya.

Riset pemasaran juga dapat meminimalisasi kegagalan saat perusahaan meluncurkan produk baru atau hendak mengembangkan produk. Riset dapat menemukan hal yang dapat menjadi potensi permasalahan di masa datang. Atau mungkin saja, hasil riset justru menemukan sesuatu yang dimanfaatkan di masa datang.

Riset mengumpulkan informasi baik secara kuantitatif dan juga kualitatif. Metode kuantitatif berfokus pada data bersifat angka, statistik,dan persentase. Data kualitatif berfokus mengenai alasan konsumen berperilaku dengan cara tertentu dan alasan pemilihan pengambilan keputusan dan fenomena sosial lainnya. Dengan menganalisa informasi yang tidak terstruktur seperti transkrip interview, repon survey pertanyaan terbuka, video, foto, dan berbagai media lainnya. Riset kualitatif dapat mengetahui perilaku konsumen dengan lebih baik. Perusahaan dapat menggunakan riset pasar kualitatif untuk menentukan strategi pemasaran dan produk terbaik yang cocok dengan target pasar. Bila berjalan dengan baik tentu saja dapat meningkatkan profit, sikap, dan persepsi konsumen terhadap perusahaan.

Sumber: ezinearticles

Edwin Hardi

View Profile

Multimedia

marketeers quote of the day

Sometimes when you innovate, you make mistakes. It is best to admit them quickly, and get on with improving your other innovations.

-Steve Jobs-