This text will be replaced. Streaming solutions by Primcast - Shoutcast hosting, Flash Streaming
Marketeers, Thursday,April 24 2014

Maneuver

Samsung Berjaya di Ponsel Pintar

November 28 2012 | By Sigit Kurniawan
Sumber: http://cdn-static.cnet.co.uk/i/c/blg/cat/mobiles/samsung-golden.jpg


Korea Selatan memang fenomenal. Negara dengan populasi 0,7 persen dari populasi dunia tersebut, atau lebih kecil dari California, belakangan menjadi bahan pergunjingan banyak orang di dunia. Ada dua hal yang mencolok, yakni Gangnam Style dan Samsung. Keduanya sangat fenomenal.

Untuk perangkat komunikasi dan informasi, Samsung saat ini menjadi merek yang cukup terpandang. Bayangkan saja, Samsung yang memiliki cikal bakal di tahun 1938 sebagai toko kelontong, saat ini berubah menjadi pemain papan atas dalam komputasi mobile. Samsung pun menjadi pemain yang diperhitungkan pemain-pemain besar seperti Apple.

Saat ini, posisi Samsung memimpin di pasar, seperti yang digambarkan dalam grafik di bawah ini. Pada kuartal III 2012, Samsung telah menjual dua kali lebih banyak ponsel pintar dibanding Apple secara global. Demikian data yang dirilis IDC dan dikutip oleh situs Mashable.

Prestasi Samsung ini amat kentara bila dibandingkan dengan tahun-tahun di sebelumnya di saat Samsung masih menjadi pemain kecil. Pada tahun 2009, misalnya, pangsa pasar Samsung sebesar 3,3 persen. Sedangkan Android saat itu sebesar 5,2 persen. Pasar masih dikuasai oleh dominasi Apple dengan iOSnya.

Namun, sekarang ini, Samsung hadir dengan kejutan-kejutan baru. Inovasi-inovasi produknya, meski dibayangi dengan perang paten dengan Apple, membuat Samsung makin digandrungi di pasar gadget. Seri Galaxy-nya cukup fenomenal.

Sigit Kurniawan

Writer, Journalist, Free Thinker. Twitter: @sigit_kurniawan

View Profile

Multimedia

marketeers quote of the day

"Kuncinya, Introspeksi. Harus menerima kritikan orang lain. Ketika kita menutup telinga pada kritikan, itulah akhir dari segalanya"

-Wulan Tilaar, Vice Chairman Martha Tilaar Group-