This text will be replaced. Streaming solutions by Primcast - Shoutcast hosting, Flash Streaming
Marketeers, Tuesday,September 23 2014

Marketeers Media Fleet

Sebuah Pengembangan Komunitas Anak Digital Indonesia dari TELKOM

October 18 2010 | By Marketeers


Telkom menyadari bahwa kehadiran seorang anak sangat penting bagi keluarga dan berperan penting dalam kemajuan suatu bangsa. Perkembangan teknologi dewasa ini sangat luar biasa yang dipicu oleh kehadiran teknologi internet harus diikuti oleh semua orang agar tidak tertinggal. Anak Indonesia tidak boleh tertinggal, untuk itulah Telkom mengembangkan Speedykids sebagai program digital community melalui komunitas anak Indonesia yang ditandai dengan pembukaan establishment (pavilion) Speedykids dengan nama Speedy Digital Learning Center antara Telkom dan KidZania Jakarta.

Kehadiran Speedy dan contentnya akan mengarahkan anak – anak Indonesia menjadi lebih pintar dan kreatif.” Speedy akan mendukung tumbuh kembang anak Indonesia menjadi pintar dan kreatif," demikian ditegaskan Direktur Konsumer Telkom, I Nyoman G. Wiryanata, pada saat acara Coaching Clinic melalui Talkshow Interaktif dengan tema “The Future Market Driven by Digital Natives” di KidZania Jakarta, Sabtu (2/10). Pada acara talkshow juga tampil sebagai pembicara Hermawan Kartajaya (Pakar Marketing), Cassandra (Psikolog Internet Sehat), Wahyu Aditya (Pakar Digital Animasi), dan Kinez Riza (Deputy Director KidZania Jakarta).

Hermawan Kartajaya pada kesempatan dimaksud menyampaikan bahwa salah satu kunci kemajuan suatu bangsa adalah mampu melahirkan ”future generation” yang tumbuh sebagai netizen dengan karakter yaitu trust, respect, responsible, care, fair dan good citizen. Semua karakter tersebut dilahirkan melalui kemajuan teknologi informasi. Dan inilah menjadi peran Speedy dalam pembangunan karakter anak – anak dimaksud sehingga mampu menjadi netizen yang baik. Program digitalisasi yang dipicu oleh Speedy menurut Hermawan, tidak lain adalah wujud dari new wave marketing dengan pola komunikasi horizontalnya. Anak – anak Indonesia yang sudah terbiasa sejak dini dengan akses Speedy menurut Hermawan dimasa datang akan menjadi marketer yang handal. Nyoman menyatakan bahwa untuk mendukung komunikasi yang horizontal tersebut maka Telkom menghadirkan www. kidevo.com sebagai wadah conversation antara anak – anak, orang tua dan guru, sehingga belajar bisa dimana saja dan dilakukan secara on-line.

Sementara itu, Psikolog Internet Sehat, Cassandra menambahkan untuk membendung dampak negatif dari Internet pada anak-anak ditengah kesibukan dan keterbatasan waktu orang tua, maka kehadiran Speedy di setiap rumah adalah hal yang mutlak dilakukan. Dengan kondisi demikian akan memudahkan orang tua untuk melakukan pengawasan content dan pengaturan waktu bagi anak-anaknya. Hal tersebut diamini oleh Nyoman G.Wiryanata, dengan mengutip ucapan mantan PM Malaysia Mahathir Mohammad, “Jangan larang anak Anda buka Internet, tapi letakkanlah akses Internet itu di ruang keluarga”. “Tanpa teknologi kita akan tidak mengejar ketertinggalan," imbuh Nyoman. Salah satu portfolio Speedykids yaitu www.kidevo.com adalah website jejaring sosial untuk anak-anak usia sekolah dasar dimana orang-tua tidak perlu merasa was-was akan konten yang disuguhkan. Kidevo menyediakan kumpulan artikel-artikel berisi informasi yang menarik. Disini anakanak dapat bermain sambil belajar serta memperluas wawasan, memupuk semangat belajar secara mandiri pada anak. Kidevo menyediakan fasilitas seperti blog yang bisa dijadikan buku harian on line, album photo dan video maupun game-game yang mendidik dan tentunya tersedia gratis. Tugas para pendidik dan orang tualah yang dapat menentukan munculnya kreatifitas anak dalam memanfaatkan perangkat media digital ini.

Di kidevo.com menerapkan sistem rewarding untuk member agar aktivasi & interaksi member dengan komunitas dapat selalu terjaga. Sistem rewarding berdasarkan aktivitas yang dilakukan member di website berupa pemberian sejumlah “kiddos” untuk aktivitas tertentu. Kiddos adalah mata uang yang digunakan di dalam Komunitas SpeedyKids. Member dapat memanfaatkan “kiddos” untuk berbagai aktivitas baik online maupun offline. Selain itu “kiddos” juga dapat menjadi privilledge bagi pelanggan Speedy yang menjadi member SpeedyKids.

Setiap member dapat melakukan berbagai aktivitas di setiap portofolio. Secara umum aktivitas dan reward yang diberikan adalah sebagai berikut :

    Kids
    Anak-anak dapat beraktivitas secara online di kidevo.com dari meng- ganti status , mengisi buku harian, berkomunikasi dengan friends mereka, membagi cerita, berlatih soal pelajaran, belajar dari materi ajar dan bermain berbagai games yang menarik dan bersifat edukasi. Setiap aktivitas online, anak-anak mendapatkan KIDDOS sebagai reward.

    Anak-anak juga dapat beraktivitas di Kidzania SpeedyKids Center se-bagai digital entrepreneur dimana hasil kreativitas mereka disimpan di kidevo.com sehingga dapat dishare ke friends dan sebagai item koleksi. Untuk aktivitas di Kidzania SpeedyKids Center, anak-anak akan mendapatkan KIDZOS & KIDDOS.

    Anak-anak juga akan beraktivitas di Speedykids Academia dengan meng- Coaching Clinic Speedy, Wahyu Aditya, I Nyoman W, Hermawan Kartajaya, Kasandra Putranto, Kinez Riza ikuti berbagai macam workshop. Hasil kreaktivitas mereka akan di- simpan di kidevo.com. Anak-anak akan mendapatkan sertifikat workshop dan KIDDOS.

      Teachers
      Kidevo.com menyediakan konten Edukasi khusus untuk Guru. Konten ini berupa Bank Soal dan Materi Ajar dimana guru dapat berkontribusi menambah soal pelajaran dan materi ajar. Selain itu, guru juga dapat memanfaatkan konten ini sebagai media ajar yang me- nyenangkan. Untuk kontribusi bank soal dan materi ajar, guru akan mendapatkan Kiddos.

      Parents
      Orang tua dapat melakukan berbagai macam aktivitas online dari mulai mengganti status, berkomunikasi antar member, ikutan forum, mengisi mama papa says, dan juga dapat berkontribusi dalam pembuatan soal pelajaran. Selain itu, orang tua juga dapat memanfaatkan konten edukasi untuk belajar bersama anak. Untuk setiap aktivitas, orang tua juga akan mendapatkan Kiddos

      Marketeers

      Editorial team of Marketeers Media Fleet (media unit of MarkPlus, Inc). Follow our Twitter @the_marketeers

      View Profile

      Multimedia

      marketeers quote of the day

      "Di industri penerbangan, bila Anda tak bisa jual hari ini, Anda tak bisa menjualnya esok hari. Kesempatan telah pergi"

      -Frank Puttmann, Head of Lufthansa Grup Communication Asia-Pacific-