This text will be replaced. Streaming solutions by Primcast - Shoutcast hosting, Flash Streaming
Marketeers, Wednesday,October 01 2014

Maneuver

Sekarang Beli Tiket Pesawat Citilink Bisa di Alfamart!

July 08 2013 | By Saviq Bachdar


Setelah minggu lalu meresmikan kerjasama dengan PT Bank Nasional Indonesia Tbk dalam melayani pencairan uang yang dikirim melalui BNI Wesel PIN, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) kembali menjalin kerjasama dengan PT Citilink Indonesia (Citilink) dalam melayani pembayaran tiket pesawat yang dipesan dari anak perusahaan PT Garuda Indonesia tersebut.

Arif Wibowo selaku Chief Executive Officer Citilink dalam kesempatan itu mengatakan, dengan dibukanya kerjasama ini akan mempermudah masyarakat dalam membayar tiket pesawat Citilink di seluruh cabang Alfamart di Indonesia. “Saat ini terdapat 7.500 gerai Alfamart dan 500 gerai Alfamidi yang tersebar di Pulau jawa, Sumatera, Sulawesi, dan Indonesia Timur. Pelanggan selain dapat memesan dan membayar secara banking  lewat internet dan ATM, mulai hari ini juga dapat membayarnya di Alfamart,” ucap Arif.

Arif pun menambahkan bahwa melalui sistem pembayaran tersebut, Alfamart dan Alfamidi dapat melakukan proses pengolahan data dan verifikasi instan melalui kode pemesanan (booking) yang sudah dilakukan lewat internet untuk mengeluarkan konfirmasi pembayaran pada saat itu juga (real time). “Maksimal 3 jam setelah booking adalah batas terakhir pembayaran, sama seperti pembayaran di ATM,” ujar Arif.

Saat ini, pembayaran biaya tiket penerbangan lewat toko ritel seperti Alfamart-Citilink merupakan pertama kalinya terjadi di Indonesia. Sebelumnya, AMRT selama ini mengembangkan bisnis jasa berbasis komisi itu (fee based) hanya pada beberapa jenis bisnis, seperti penjualan voucher telepon, token listrik, pembayaran listrik, tagihan telepon, pengiriman uang, hingga pembelian tiket kereta api.

Melihat bisnis fee based yang dilakukan AMRT cukup banyak, namun sayang Vice President Director PT. Sumber Alfaria Trijaya, Pudjianto masih belum dapat menginformasikan lebih lanjut perihal kontribusi pendapatan berbasis komisi ini terhadap pendapatan perusahaan AMRT secara menyeluruh.

“Kerjasama kami masih di tahap awal. Modal equipment-nya pun tidak banyak. Karena data center Alfamart dan Citilink sudah ada. Modal kira-kira cuma puluhan juta rupiah. Namun, training ke pegawai Alfamart saja yang memakan waktu satu bulan. Tapi sekarang sudah beres,” ujar Pudjianto.

Di sisi lain, lewat kalkulasi sederhana, pihak Citilink menilai Alfamart akan menambah jumlah pelanggan mereka sebanyak 25 ribu orang per bulan dari kerjasama ini. "Citilink menargetkan meraih 7 juta transaksi per tahun, dan 500 ribu orang per bulan. Transaksi lewat ATM mencapai 5%, yang berarti ada 25 ribu orang yang bisa di-direct untuk membayar tiket booking di Alfamart," tutur Arif.

Saviq Bachdar

View Profile

Multimedia

marketeers quote of the day

Kekayaan alam, sumber daya manusia, dan kepulauan menjadi positioning yang baik bagi Indonesia untuk menjadi negara berorientasi ekspor

-Emeritus Professor Lim Chong Yah, Nanyang Technological University-