This text will be replaced. Streaming solutions by Primcast - Shoutcast hosting, Flash Streaming
Marketeers, Thursday,October 02 2014

Movement

Tifatul Sembiring: ICT Adalah Industri Kreatif

April 29 2013 | By Eko Adiwaluyo
tifatul sembiring

“Hari gini tidak hati-hati bisa celaka, hari gini tidak kenal ICT bisa ketinggalan zaman.” Inilah sebuah pantun yang diucapkan Menteri Komunikasi dan Informasi Tifatul Sembiring ketika memberikan penghargaan pada pemenang Indonesia Digital Society Award 2013 di Jakarta Marketing Week. Makna dari pantun itu benar adanya. Di zaman modern ini, siapapun yang tidak mengenal Information and Communication Technology (ICT) bak katak dalam tempurung.


Bisa dibayangkan bila itu menimpa pada suatu negara, ketinggalan teknologi. Bukan sekadar menjadi negara terbelakang secara teknologi, tapi juga secara ekonomi. Pertumbuhan ekonomi negara tersebut akan lambat dan sektor riil tidak akan berkembang.

“Pada tahun 2045, Indonesia akan menjadi negara modern dengan GDP mencapai USD 16,8 triliun. Menjadi negara kedelapan terbesar secara perekonomian.  Untuk bisa mencapai itu, peran teknologi sangatlah signifikan,”kata Tifatul Sembiring.

Pemerintah, dalam hal ini, lanjutnya, harus memberikan sarana yang tepat. IT itu adalah industri kreatif, maka harus tersedia sarana berkreasi dan berinovasi. Kemudian, harus ada pula ekosistem yang mendukung terciptanya kreativitas dan inovasi di dunia ICT.  “Harus ada BRIG, bank, regulasi, investasi, dan government untuk mendukung perkembangan ICT di Indonesia,”katanya.

Selain ICT, menurut Tifatul ada bidang lain yang mendukung terciptanya Indonesia Modern, yakni pertumbuhan industri transportasi. “Kedua bidang ini sedang tumbuh di negara ini, jadi visi untuk tahun 2045 optimistis saja bisa terwujud,”tegasnya.

Eko Adiwaluyo

View Profile

Multimedia

marketeers quote of the day

"Sales harus bisa memosisikan diri sejajar dengan konsumennya. Kalau rasa minder masih besar, tentu akan sulit"

-Djonnie Rahmat, Presdir PT Mabua Harley Davidson-