This text will be replaced. Streaming solutions by Primcast - Shoutcast hosting, Flash Streaming
Marketeers, Wednesday,October 22 2014

Movement

Tren Positif Ekonomi Indonesia

November 28 2012 | By Sigit Kurniawan
Secara umum, kondisi ekonomi global mulai menampakkan perbaikan. Upaya-upaya menstabilkan ekonomi sudah lama dilakukan oleh banyak negara, khususnya di kawasan Eropa yang sedang terkena krisis. Misalnya, ada konsensus di antara pembuat kebijakan untuk membuat sebuah konsesus ekonomi untuk memperbaiki kondisi ekonomi.

"Secara umum, ekonomi dunia mulai membaik. Euro Zone pertumbuhannya masih negatif. Salah satu penyebabnya melakuka adjustment karena mereka hanya memiliki satu mata uang. Sementara, negara-negara yang tidak menggunakan Euro, pertumbuhannya terbilang positif. Sementara, pengangguran di Amerika Serikat sudah turun dan lapangan kerja mulai meningkat," kata Faisal Basri Marketeers Dinner Seminar bertajuk "Indonesia Economic Outlook 2013" di FourSeasons, Jakarta, Rabu (28/11/2012).

Sementara, Faisal Basri melihat suhu ekonomi Indonesia tergolong baik sekali. Bahkan, hampir sejajar dengan negara-negara Asian lainnya. Selain itu, investor asing juga tertarik dengan perkembangan ekonomi Indonesia. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Misalnya, cadangan devisa Indonesia tergolong rendah di bawah China (dengan angka tertinggi), Taiwan, Thailand, FIlipina, Malaysia, Korea.

Tapi, Indonesia tertolong dengan tinggi dan meningkatnya direct investment. Menurut laporan UNCTAD dan World Investment, Indonesia pada tahun ini menduduki peringkat empat sebagai destinasi investasi, setelah China, Amerika Serikat, dan India.

Sementara, tren pertumbuhan GDP Indonesia terus meningkat saat GDP negara-negara lain, termasuk Amerika Serikat, menurun. "Mesin utama pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah konsumsi domestik. Mesin keduanya adalah investasi yang tumbuh dua digit. Sayang sekali, konsumsi pemerintah justru minus," kata Faisal.

Namun, Faisal menyanyangkan peran pemerintah Indonesia yang "loyo" dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Salah satu indikasinya adalah konsumsi pemerintah yang minus.

Selain itu, ekonomi Indonesia pada tahun 2013 diperkirakan tumbuh 6,3 persen. Baik IMF, Bank Dunia, maupun The Economist memperkirakan pertumbuhan yang positif ekonomi Indonesia ini. "Ketika pertumbuhan ekonomi Indonesia fenomenal, Indonesia mulai diperhatikan oleh badan-badan ekonomi dunia tersebut," kata Faisal.

Sigit Kurniawan

Writer, Journalist, Free Thinker. Twitter: @sigit_kurniawan

View Profile

Multimedia

marketeers quote of the day

"Pengalaman menggarap pasar nasional, menjadi bekal utama bagi kami menggarap pasar Internasional."

-Honesti Basyir, Direktur Keuangan PT Telkom Indonesia, Tbk-