This text will be replaced. Streaming solutions by Primcast - Shoutcast hosting, Flash Streaming
Marketeers, Sunday,October 26 2014

Travel

New Zealand, Land of the Long White Cloud!

February 03 2012 | By NissaSetiadi


Anda sedang merencanakan untuk berlibur ke suatu tempat yang selalu dihiasi oleh awan putih panjang sepanjang hari? Atau mungkin anda adalah salah satu penggemar film Lord of the ring, New Zealand adalah jawaban yang tepat.

New Zealand yang dalam bahasa Maori disebut Aotearoa, yang artinya Tanah Awan putih panjang. Negara yang terdiri atas dua pulau besar, yaitu North Island dan South Island juga merupakan salah satu negara persemakmuran (Commonwealth) Britania.

Sebelum ada pergi, pastikan rencana berlibur anda minimal 2-3minggu untuk mengeksplor dua pulau tersebut. Ada banyak tempat yang bisa anda kunjungi, namun anda harus tahu musim yang sedang berlangsung, mengingat negara ini berlokasi sangat dekat dengan kutub selatan, jadi jangan sampai anda salah kostum karena kedinginan.

Persiapan apa saja yang bisa anda lakukan sebelum anda berkunjung ke new zealand? Berikut adalah tips-tips yang bisa anda lakukan sebelum anda menjelajah negeri kiwi ini.

1. Mencari tiket pesawat

Ada banyak jasa layanan airlines yang bisa anda gunakan untuk menuju negeri kiwi, mulai dari budget airlines, hingga pesawat kelas atas sekalipun. Untuk menyiasati harga pesawat yang cukup lumayan harganya, carilah tiket promo yang bisa anda pesan secara online jauh-jauh hari sebelumnya.

2. Persiapkan visa anda setidaknya 3 minggu sebelum keberangkatan

Luangkan waktu anda untuk mengajukan aplikasi visa kunjungan sebelum anda pergi, mengingat proses aplikasinya bisa memakan waktu 7 hari kerja. Adapun pengajuan visa, anda bisa mengunjungi Kedutaan Selandia Baru di Sentral Senayan lantai 10, Jln. Asia Afrika, Jakarta. Biaya pengajuan visa adalah Rp. 1,1 juta dan anda bisa sekaligus menyertakan pasangan anda ataupun anak anda dalam satu aplikasi.

3. Buatlah itinerari perjalanan anda semaksimal mungkin

Bila anda hanya memiliki waktu yang sangat sempit untuk meng-eksplor new zealand, tentukan satu pulau saja untuk anda jelajahi. Bila anda masuk new zealand dari christchurch, maka sebaiknya anda fokus untuk mengeksplorasi wilayah South Island saja. Namun bila anda ingin mengeksplor semuanya, gunakan transportasi yang bisa menjangkau semua daerah dengan cepat.

4. Untuk menghemat biaya akomodasi dan juga berinteraksi dengan masyarakat setempat dan traveler lain, anda bisa mem-booking budget hotel ataupun menggunakan komunitas couchsurfing ataupun hospitality club, atau anda juga bisa menyewa camper van dimana bisa anda gunakan sekaligus untuk menjelajah antar kota bahkan antar pulau sekalipun.

 

5. Apabila menjadi pilihan kamu untuk mengeksplor New Zealand, maka pastikan anda memiliki SIM internasional yang bisa anda buat ke DITLANTAS Jakarta dengan masa berlaku 1 tahun dan biaya 250ribu rupiah. Mengemudi di New Zealand sama seperti di Indonesia dimana stir kemudipun di sebelah kanan. Biaya sewa mobil disana sekitar NZD 49-59 per hari dan anda juga bisa menyewa GPS nya sekaligus dengan tambahan NZD 20 per hari.

 

Nah, kalo semua sudah lengkap, tinggal tentukan tempat-tempat yang akan anda kunjungi selama di New Zealand nanti.

Berikut adalah simulasi rute perjalanan yang bisa anda lakukan untuk menjelajah Pulau Selatan New Zealand untuk 10 hari

 

Hari 1 : Tiba di Christchurch, apabila anda ingin tahu ini terlebih dahulu sebelum kota lainnya, anda bisa mengunjungi Orana Park, Willowbank wildlife Park, Air Force Museum, Botanic Gardern, Canterbury Museum serta Punting on the Avon.

Hari 2 : Scenic train dari Christchurch, Arthur's pass dan Greymouth menuju Pantai Barat Pulau Selatan. Scenic train ini dijalankan oleh TranzAlpine beroperasi hanya sehari sekali. Selama perjalanan anda akan melihat pemandangan pegunungan Southern Alps. Lama perjalanan memakan waktu 4,5jam dan anda lanjut dengan bus menuju Franz Josef Glacier, dan pulangnya dari Greymouth.

Hari 3 : Mt. Cook and Queenstown. (bila anda memilih menggunakan kendaraan sendiri), namun bila anda menggunakan bis intercity atau naked bus, naiklah bus dengan rute Christchurch - Mt. Cook - Wanaka - Christchurch. Mt. Cook merupakan salah satu gunung tertinggi di New Zealand.

Hari 4 : Queenstown : Skyline gondola, Kiwi bird park, jetboat , bungee jumping, cadrona, remarkables mount, dan Lake Wakatipu

Hari 5 : wisata lord of the ring menuju glenorchy dan paradise , lalu ke invercargil

Hari 6-7 : Dari invercargil , sempatkan untuk menyebrang ke pulau paling selatan New Zealand, yaitu Stewart'S Island.

Hari 8 :  Dari Invercargil menuju Milford Sound (one day  trip)Milford Sound

Hari 9 : Eksplor Dunedin , kunjungi Penguin Reserve, Elm Wildlife Tour , Dunedin Public Art Gallery dan Larnach Castle

Hari 10 : Kembali ke Christchurch dan siap-siap pulang ke Jakarta.

NissaSetiadi

View Profile

Multimedia

marketeers quote of the day

"Kompetisi antar mal tidak lagi diartikan sebagai “saling membunuh”, tapi saling melengkapi."

-Handaka Santosa, Vice President PT Agung Podomoro Land Tbk-